Ustadz Abdul Somad

Terusir dari Pekanbaru Bisa Jadi Sanksi Adat Penghina Ustaz Abdul Somad yang Ditangkap FPI

Pemilik akun Facebook Jony Boyok yang dinilai mengina Ustaz Abdul Somad tidak saja harus berurusan dengan pihak kepolisian.

Terusir dari Pekanbaru Bisa Jadi Sanksi Adat Penghina Ustaz Abdul Somad yang Ditangkap FPI
internet
Ilustrasi - Pemilik Akun Jony Boyok dan Ustaz Abdul Somad 

TRIBUNPEKANBARU.COM- Pemilik akun Facebook Jony Boyok yang dinilai mengina Ustaz Abdul Somad tidak saja harus berurusan dengan pihak kepolisian.

Kasus dugaan penghinaan pada Ustaz Abdul Somad ini juga akan ditangani secara adat dan pemilik akun Facebook Jony Boyok juga terancam dijatuhi sanksi adat dari Lembaga Adat Melayu Riau.

Ketua Bidang Agama Islam LAM Riau Gamal Abdul Nasir Kamis (6/9/2018) di Gedung Balai Adat LAM Riau, Jalan Diponegoro Pekanbaru menuturkan pihaknya dalam waktu dekat ini akan menggelar rapat Majelis Kerapatan Adat (MKA).

Rapat adat ini akan membahas sanksi adat apa yang nanti akan dijatuhkan kepada pemilik akun FB Jony Boyok.

"Kami akan segera menggelar rapat untuk memutuskan hukum adat apa yang nanti akan dijatuhkan kepada yang bersangkutan," katanya.

Baca: Ustaz Abdul Somad Lanjutkan Safari Dakwahnya dengan Helikopter di Sulawesi

Baca: Penghina Ustaz Abdul Somad Pemilik Akun FB Jony Boyok Terancam Sanksi Adat 

Saat disinggung hukum adat apa yang nanti akan dijatuhkan kepada pemilik akun FB yang menghina Ustaz Abdul Somad ini, Gamal enggan menjelaskannya secera jelas.

Sebab seluruh keputusan hukum adat harus diputuskan melalui rapat mejelis kerapatan adat.

"Apa hukum adat yang akan kita jatuhkan kepada yang bersangkutan, kita tinggu rapat mejelis kerapatan adat yang akan kita laksanakan dalam waktu dekat ini," katanya.

Proses pemberian gelar Datuk Seri Ulama Setia Negara kepada Ustadz Abdul Somad digelar di Balairung Tenas Effendi, Balai Adat Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Pekanbaru, Selasa (20/2/2018). Acara pemberian gelar tersebut berlangsung lancar dan dihadiri ribuan masyarakat dan tokoh penting melayu yang datang dari berbagai wilayah melayu di Riau. (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY).
Proses pemberian gelar Datuk Seri Ulama Setia Negara kepada Ustadz Abdul Somad digelar di Balairung Tenas Effendi, Balai Adat Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Pekanbaru, Selasa (20/2/2018). Acara pemberian gelar tersebut berlangsung lancar dan dihadiri ribuan masyarakat dan tokoh penting melayu yang datang dari berbagai wilayah melayu di Riau. (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). (Tribun Pekanbaru/Theo Rizky)

Meski enggan mengungkapkan, saksi hukum adat apa yang akan dijatuhkan kepada pemilik akun FB yang menghina UAS, namun dalam hukum adat yang ditetapkan LAM Riau saksi terberatnya bisa berupa pengusiran dari Bumi Melayu Riau.

"Sanksi terberatnya bisa diusir dari Bumi Melayu ini. Itu sanksi yang paling tinggi. Tapi untuk kasus yang ini, kita akan putuskan nanti melalui rapat adat. Bisa saja nanti hukum adat lebih kepada sanksi moral dan sosial," kata Gamal.

Halaman
1234
Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved