Riau

Satgas Karhutla Komit Asian Para Games Tanpa Asap, Lahan Terbakar Capai 4.550 Hektar

Satgas Karhutla Riau berkomitmen Asian para Games tanpa asap, dan hingga September ini luas lahan di Riau yang terbakar capai 4.550 hektar

Satgas Karhutla Komit Asian Para Games Tanpa Asap, Lahan Terbakar Capai 4.550 Hektar
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Kabarhakam) Polri Komjen Pol Putut Eko Bayuseno didampingi Asops Kapolri Irjen Pol Drs Iriawan beserta Kapolda Riau, Irjen pol Zulkarnain Adinegara meninjau kesiapan pasukan dan pengecekan peralatan satuan tugas (satgas) kebakaran hutan dan lahan (karhutla) saat apel gelar pasukan di Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar Riau, Kamis (10/8/2017). Pada kegiatan tersebut terdapat lima pejabat Polda di Sumatera yang dikumpulkan terkait penanganan kebakaran lahan dan hutan, yaitu Kapolda Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Selatan serta Riau. (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Riau berkomitmen Asian para Games tanpa asap, dan hingga September ini luas lahan di Riau yang terbakar capai 4.550 hektar.

Satgas Karhutla Riau masih memiliki tanggung jawab untuk tidak terjadi asap selama pelaksanaan Asian Para Games yang rencananya digelar dalam waktu dekat ini.

Sebelumnya, selama pelaksanaan Asian Games 2018, Satgas Karhutla Riau sukses menekan terjadinya kebakaran dan asap.

Baca: Bocah 8 Tahun Ini Lintasi Perbatasan 2 Negara Tiap Hari untuk Bisa Sekolah di Indonesia 

Baca: Tumor Seberat 27,6 Kg Tumbuh di Rahim Wanita Ini, Sampai-Sampai Sulit Bernafas

"Kita masih ada tanggung jawab selain sudah menjadi bagian dari tugas kami menjaga pelaksanaan Asian Para Games setelah Asian Games 2018. Tentunya jangan sampai terjadi kebakaran dan terutama asap, "ujar Wakil Komandan Satgas Karhutla Riau Edwar Sanger kepada Tribun Minggu (9/9).

Menurut Edwar Sanger saat ini memang hampir seluruh wilayah di Riau yang sebelumnya sempat dilanda kebakaran sudah bisa dipadamkan. Hanya tersisa beberapa titik di Rokan Hilir terutama di daerah Labuhan Papan Kecamatan Kubu.

"Satgas Udara masih melakukan Pemadaman dan patroli disana, karena hujan belum maksimal turun di Rohil. Kalau daerah lain Alhamdulillah sudah merata hujannya," ujar Edwar Sanger.

Edwar juga mengaku prihatin dengan beberapa wilayah saat ini mulai menghadapi kebakaran hebat seperti di Kalimantan Barat bahkan jarak pandang di kota Pontianak akhir pekan lalu sempat terganggu.

Baca: Kapolda Kalbar Dampingi Ustaz Abdul Somad Saat Subuh Berjamaah di Ponpes Darunnaim Besok

Baca: Perbafi Challenge 2018 Diikuti 70 Atlet Perbafi Riau

"Pontianak sudah mulai parah, dan Daerah lain, kita di Riau Alhamdulillah bisa dikendalikan dan walaupun masih ada titik api tinggal pendinginan saja lagi," ujar Edwar.

Edwar juga mengaku bersyukur karena dari sisi kekuatan juga Helikopter saat ini sudah dikurangi dari jumlah biasanya enam unit kini hanya tinggal empat unit lagi, sebagiannya dikirim untuk membantu daerah lain.

Halaman
12
Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved