Breaking News:

Riau

Sejumlah Pejabat Struktural Pemprov Riau Ingin Pindah ke Fungsional, Ini Alasan Mereka

Sejumlah pejabat struktural di lingkungan Pemprov Riau ingin pindah ke fungsional, beban kerja yang berat dan anggaran minim di OPD jadi alasan

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: Nolpitos Hendri
Tribun Pekanbaru/Ilustrasi
Jabatan struktural vs jabatan fungsional 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sejumlah pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau ingin pindah ke fungsional, beban kerja yang berat, anggaran di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang kecil dan honor yang sudah tidak ada jadi alasan.

"Jadi fungsional itu enak kalau pun ada masalah dalam kerja di OPD kita tidak pernah kena nanti, makanya enak jadi pejabat fungsional lagi,"ujar seorang pejabat struktural yang mengaku berharap pindah ke fungsional kepada Tribunpekanbaru.com pada Minggu (9/9/2018).

Kondisi ini terbalik bila dibandingkan dengan kondisi beberapa waktu lalu, jabatan fungsional itu dianggap sebagai jabatan pembuangan atau non job.

Baca: Hilang 2 Hari Saat Cari Kayu Bakau Rendra Ditemukan Tinggal Tengkorak 

Baca: Peserta Piala Soeratin U-15 Asprov PSSI Riau Hanya Empat Tim

Namun, pada kondisi sekarang ketika anggaran di OPD mulai menipis dan hilangnya honor kegiatan di OPD, jabatan fungsional jadi pilihan.

"Kalau dulu itu anggaran di OPD itu masih banyak dan honor kegiatan ada, kegiatan sebanyak-banyaknya di Dinas, sekarang semuanya dipotong, jadi kita nggak tau mau kerja apa lagi. Makanya lebih enak di fungsional resiko kerjanya juga nggak seberapa, "ujar pejabat tersebut.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Hijazi kepada Tribunpekanbaru.com pada Minggu (9/9/2018) mengatakan, pejabat di struktural tidak bisa sembarangan pindah saja tanpa ada regulasi dan arahan dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

"Tidak mungkin semudah itu berpindah tanpa ada analisis jabatan dan analisis beban kerja nya. BKD membuat formasi nya berdasarkan Analisis jabatan dan analisis beban kerja, "ujar Ahmad Hijazi.

Baca: Jadwal dan Live Streaming Liga Spanyol (La Liga) Real Sociedad Vs Barcelona di BeinSport 2

Baca: Jaksa Nyatakan Terima Vonis Tiga Terdakwa Tipikor RTH Tunjuk Ajar

Bahkan saat ini memang masih ada jabatan fungsional yang masih kosong dan akan segera diisi dan tentunya berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja yang diamati BKD.

"Contoh sekarang ada jabatan fungsional analis kebijakan kita belum punya dan tentunya perlu diisi, "jelas Ahmad Hijazi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved