Rokan Hulu

Ini yang Harus Dilakukan Desa Induk untuk Desa Persiapan ‎Terkait ADD

Setelah dilantiknya 20 Pj Kepala Desa‎ Persiapan pada 24 Juni 2018 lalu, pelayanan kepada masyarakat desa persiapan harus berjalan.

Ini yang Harus Dilakukan Desa Induk untuk Desa Persiapan ‎Terkait ADD
ist
Alokasi Dana Desa 

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny Kusuma Putra

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Setelah dilantiknya 20 Penjabat (Pj) Kepala Desa‎ Persiapan yang berada di 7 Kecamatan di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) pada 24 Juni 2018 lalu, saat ini, pelayanan kepada masyarakat Desa Persiapan harus berjalan.

Meskipun saat ini pemerintah daerah maupun desa induk tidak mengucurkan alokasi bantuan dana, untuk biaya operasional desa persiapan dari bantuan Alokasi Dana Desa (ADD) yang dikucurkan pemerintah daerah kepada 139 desa penerima di Rohul.

Baca: Sidak Elpiji di Dumai, Tim Temukan 4 Rumah Makan Pakai Gas Elpiji 3 Kg, Pertamina Langsung Ganti

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) ‎Kabupaten Rohul H Irpan Rido kepada Tribunrohul.com, mengungkapkan, 20 desa persiapan di Rohul yang telah keluar kode desanya oleh Pemerintah Provinsi Riau yang tersebar di 7 kecamatan yakni Rambah Hilir, Tambusai Utara, Bangun Purba, Tambusai, Bonai Darussalam, Ujungbatu dan Kecamatan Kunto Darussalam.

‎Ia menambahkan,untuk tahun ini, desa induk belum menganggarkan biaya ‎operasional untuk Desa Persiapan yang diambil dari bantuan ADD induk yang dikucurkan pemerintah daerah melalui APBD Rohul tahun 2018 sebesar Rp90.904.567.600 untuk 139 desa penerima.

Diakuinya, belum dialokasikannya bantuan operasional desa persiapan, ‎karena Anggaran Pendapatan Belanja Desa tahun 2018 di 139 desa telah setujui diawal tahun 2018.

"Untuk tahun 2019, desa induk yang mempunyai desa persiapan, harus mengalokasikan dana operasional maksimal 30 persen dari total ADD yang diterima desa induk untuk keberlangsungan jalannya roda pemerintahan desa persiapan," ungkapnya, Senin (10/9/2018).

Baca: Takut Kecolongan, PNS Pindahan akan Diseleksi Masuk ke Pemko Pekanbaru

‎Irpan Rido mengaku, pihaknya telah melaksanakan rapat ‎dengan mengundang 7 camat dan 20 Pj Kades Persiapan serta kepala desa induk, mensosialisasikan Permendagri Nomor 1 tahun 2017 tentang penataan desa. Terkait pengalokasikan bantuan operasional desa persiapan.

‎Lebih lanjut dijelaskanya, dalam pelaksanaan tugas, Pj Kades Persiapan harus menyusun ‎rencana kerja pembangunan desa persiapan dengan mengikutsertakan partisipasi masyarakat Desa persiapan.

Dimana, tambahnya, rencana kerja pembangunan Desa persiapan yang telah disusun harus disampaikan kepada Kepala Desa induk untuk dijadikan bahan penyusunan RAPBDes induk sebagai bagian kebutuhan anggaran belanja Desa persiapan.

Halaman
12
Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved