Kampar

VIDEO: Penjelasan Kapolres Kampar Soal Konflik Koto Aman dengan PT SA Sampai Ada Laporan Pidana

Kepala Kepolisian Resor Kampar, AKBP. Andri Ananta Yudhistira mengaku telah mewanti-wanti aksi massa

Laporan Fernando Sihombing 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Kepala Kepolisian Resor Kampar, AKBP. Andri Ananta Yudhistira mengaku telah mewanti-wanti aksi massa dari Desa Koto Aman Kecamatan Tapung Hilir berbuntut ke persoalan hukum. Apa yang diwanti-wanti akhirnya terjadi.

Peserta aksi dilaporkan atas perbuatan menghalangi operasional PT. Sekarbumi Alamlestari.

Dua orang peserta aksi dimintai keterangannya di Markas Polres Kampar, Rabu (12/9/2018). Massa berunjuk rasa di depan Mapolres selama pemeriksaan berjalan.

Pada waktu bersamaan, Kapolres Andri menggelar konperensi pers didampingi Kepala Satreskrim, AKP. Fajri.

Baca: VIDEO: Temannya Diperiksa Mendemo PT SA, Massa Koto Aman Tuntut Kapolres Kampar Dicopot

Andri mendapat informasi, aksi serupa juga digelar di Markas Polda Riau. "Itu hak mereka," ucapnya. Ia menanggapi santai tentang tuntutan pengunjuk rasa agar dirinya dicopot.

Ditanya identitas pelapor, Andri enggan menjawab. Ia mempersilakan hal itu ditanyakan langsung kepada terlapor. Dalam hal ini massa Koto Aman. "Dalam pemeriksaan itu kan, nanti disebutkan siapa pelapornya," katanya.

Dalam surat panggilan meminta keterangan atau klarifikasi itu, identitas pelapor tidak dicantumkan. Ditanya lagi apakah dua orang yang diperiksa itu sebagai terlapor, Andri mengatakan, sesuai keterangan saksi. Ia tidak menyebutkan secara gamblang.

Baca: Permohonan SKCK di Polres Kampar Masih Normal Jelang Pendaftaran CPNS

Andri mengatakan, masyarakat sebenarnya tidak perlu datang beramai-ramai. Sebab, pemanggilan hanya untuk dimintai klarifikasi saja. Sedangkan proses hukum sampai ke penetapan tersangka, masih panjang. Menurut dia, dari proses hukum bisa saja menambah jumlah terlapor. Namun bisa juga dihentikan jika tidak memenuhi unsur pidana.

Andri menjelaskan upaya persuasif kepolisian selama massa berhari-hari menggelar aksi di Desa Koto Aman.

Halaman
12
Penulis: Fernando Sihombing
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved