Pelalawan

Tak Hanya di Pangkalan Kerinci, Lahan TNTN di Kecamatan Ukui Juga Terbakar

Pihaknya berencana meminta bantuan Helikopter Water Bombing (WB). Karena sumber air hampir tidak ada di lokasi yang jenis tanahnya merupakan mineral.

Tak Hanya di Pangkalan Kerinci, Lahan TNTN di Kecamatan Ukui Juga Terbakar
tribunpekanbaru.com
Proses pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Jalan Lingkar Timur Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kamis (13/9/2018), oleh personil tim gabungan 

Laporan wartawan tribunpelalawan.com, Johannes Wowor Tanjung

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALAN KERINCI- Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Pelalawan tidak hanya terjadi di Jalan Lingkar Timur Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kamis (13/9/2018). Karhutla juga terdeteksi di areal Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) di Desa Lubuk Kembang Bunga Kecamatan Ukui.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Hadi Penandio, tim gabungan fokus pemadaman di Karhutla Jalan Lingkar Timur. Padaman diupayakan meski personil gabungan kesulitan mencari titik air karena menimnya stok.

"Itu lahan gambut, posisinya pas di sebelah bekas terbakar dua minggu lalu," beber Hadi Penandio kepada tribunpelalawan.com, Kamis (13/9/2018).

Hadi Penandio menjelaskan, kahutla yang terdeteksi di lahan TNTN di Desa Lubuk Kembang Bunga Kecamatan Ukui ditangani oleh tim gabungan kecamatan seperti polsek, manggala agni, masyarakat, serta perusahaan.

Namun pihaknya berencana meminta bantuan Helikopter Water Bombing (WB). Karena sumber air hampir tidak ada di lokasi yang jenis tanahnya merupakan mineral.

Petugas gabungan harus memutar otak untuk menyediakan stok air yang akan diseprotkan petugas penyiram ke titik api.

Dengan menyambung selang yang panjang dari parit atau kanal yang letaknya seratusan meter. Selain itu menggunakan embung fortable dengan melansir air menggunakan mobil tangki.

"Kendala terberat memang persediaan air di dua lokasi sangat minim sekali. Mana titik yang lebih dekat dengan air, terpaksa itu duluan disiram," tandasnya.(*)

Foto-foto proses pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Jalan Lingkar Timur Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kamis (13/9/2018), oleh personil tim gabungan

Penulis: johanes
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved