Breaking News:

Padang

Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin: Kepala Daerah Jangan Ragu Bersikap

Bendahara Tim Pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin Sumbar, Alex Indra Lukman minta kepala daerah tak perlu ragu dalam menyatakan sikap dukungan.

Editor: Ariestia
Net/kolase
Jokowi dan Maruf Amin 

Laporan kontributor tribunladang.com Riki Suardi dari Padang

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Bendahara Tim Pemenangan Jokowi – Ma’ruf Amin Sumbar, Alex Indra Lukman meminta kepala daerah tidak perlu ragu dalam menyatakan sikap dukungan, jika untuk kepentingan rakyat.

Pernyataan Alex ini sekaligus terkait dengan beredarnya surat dukungan terhadap Presiden Jokowi.

Dijelaskan Alex yang juga menjabat sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Sumbar, sikap tegas kepala daerah dalam menentukan dukungan politik tidak melanggar aturan, karena kepala daerah adalah jabatan politik. Posisi itu berbeda dengan Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal itu merujuk pada Pasal 63 Ayat 2 PKPU Nomor 23 Tahun 2018.

Baca: Live Streaming Semen Padang Vs Persik Kendal di Liga 2 2018 via Youtube Mulai Pukul 16.00 WIB

Dalam pasal terseburt, kata Alex, jelas disebutkan kalau kepala daerah diperbolehkan menjadi anggota tim kampanye. Catatannya, selama menjalani rutinitas sebagai juru atau anggota tim kampanye, kepala daerah mesti mengajukan cuti pada hari kerja.

“Tidak perlu ragu untuk menyatakan dukungan. Toh, itu tidak melanggar, sepanjang aturan yang mengikatnya dilakukan, seperti cuti kampanye. Saya rasa, kepala daerah memang mesti bersikap. Apalagi itu menyangkut kepentingan masyarakat," kata Alex melalui rilis yang diterima tribunpadang.com, Selasa (18/9/2018).

Baca: VIDEO: PIHR Pekanbaru Pamerkan Puluhan Jenis Ikan Hias

Ketika disinggung soal adanya map berisi surat penytaan dukungan sejumlah kepala daerah di Sumbar untuk Jokowi, Alex menanggapinya positif.

“Itu baik dan sah saja. Barangkali kepala daerah sudah merasakan bagaimana pedulinya Presiden Jokowi pada Sumbar," ujarnya.

"Kepedulian itu dibuktikan dengan gelontoran anggaran yang tak sedikit. Oleh sebab itu, apa salahnya mereka (kepala daerah-red) berterimakasih, dan menyatakan dukungannya pada Presiden Jokowi untuk melanjutkan kepemimpinan di republik ini,” sambung anggota DPR RI asal Sumbar.

Baca: Orang Albino di Afrika Jadi Buruan, Harga Potongan Tubuh Rp 29 Juta, Tubuh Utuh Rp 1,1 Miliar

Menurutnya, dukungan tersebut dianggap realistis di tengah kian memanasnya mesin politik jelang Pilpres 2019. Jokowi, kata Alex memang memiliki perhatian penuh kepada Sumbar. Perhatian itu bukan disebabkan karena pada Pilpres 2014 Jokowi – JK mengalami kekalahan telak di Ranah Bundo Kanduang ini. Namun lebih kepada kesantunan Jokowi dalam menghormati Sumbar sebagai rahim pelahir banyak bapak bangsa.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved