Rokan Hulu

Menuju Kabupaten Sehat 2019, Pemkab Rohul Mulai Lakukan Berbagai Persiapan

Berbagai persiapan menuju Kabupaten Sehat Tahun 2019, mulai dilakukan oleh Pemkab Rohul.

Tribun Pekanbaru/Donny Kusuma Putra
Berbagai persiapan menuju Kabupaten Sehat Tahun 2019, mulai dilakukan oleh Pemkab Rohul. Persiapan tersebut dimulai dengan dilaksanakanya, Rapat Pemantapan Untuk Persiapan Verifikasi Kabupaten Sehat Kabupaten Rokan Hulu 2019 dipimpin Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Nifzar, diwakili Kabid Sosial Budaya dan Pemerintah Bappeda Rohul, Febry F, Jumat (21/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny Kusuma Putra

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Berbagai persiapan menuju Kabupaten Sehat Tahun 2019, mulai dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul).

Dimana, persiapan tersebut dimulai dengan dilaksanakanya, Rapat Pemantapan Untuk Persiapan Verifikasi Kabupaten Sehat Kabupaten Rokan Hulu 2019 dipimpin Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Nifzar, diwakili Kabid Sosial Budaya dan Pemerintah Bappeda Rohul, Febry F, Jumat (21/9/2018).

Pada Rapat sehari di aula Kantor Bappeda Rohul turut dihadiri Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Rohul Septien Asmarwiati, Kabid Kesehatan Masyarakat di Dinkes Rohul, H. Nana Sumpena S.Km,‎ Camat, Kepala Puskesmas, serta Bidan Desa dari 9 kecamatan.

Baca: ‎Kesal Sulit Dapatkan LPG 3 Kg, Seorang Warga Tandun Ngamuk di Pangkalan

Kabid Sosial Budaya dan Pemerintahan Bappeda, Rohul, Febri F, mengungkapkan, penerapan Kabupaten Sehat di daerah sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Nomor 34 dan 1138 Tahun 2005.

Ia menerangkan, rapat ini sebagai persiapan Kabupaten Rohul menuju Kabupaten/ Kota Sehat tahun 2019 yang akan dilaunching oleh Bupati Rohul H. Sukiman.

Diakuinya, Rapat ini juga sebagai persiapan‎ Pemkab Rohul dalam menyambut Tim Verifikasi Kabupaten/ Kota Sehat yang diperkirakan akan melakukan penilaian pada Januari 2019, yang saat ini Pemkab Rohul tengah menyiapkan data-data diperlukan.

"Tujuan dari Kabupaten/ Kota Sehat sendiri adalah suatu kondisi kabupaten/ kota yang bersih, aman dan sehat yang dicapai melalui kegiatan yang terintegritas yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah," ungkapnya.

Baca: Ganri Riau Tuntut Polda Usut Dugaan Tipikor di Rohul

Febri mengungkapkan ada 9 indikator tatanan kabupaten/ kota sehat, yakni pertama kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum. Untuk itu seluruh instansi terkait‎ di Pemkab Rohul akan dilibatkan.

Kedua, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi. Ketiga, kawasan pertambangan sehat. Ke empat, kawasan hutan sehat. Kelima, kawasan industri dan perkantoran sehat.

Halaman
12
Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved