Breaking News:

Padang

Pena Emas PWI untuk Irwan Prayitno Bernilai Cumlaude

Gubenur Sumbar Irwan Prayitno meraih penghargaan Pena Emas dari PWI Pusat.

Editor: Ariestia
Istimewa
Pengurus PWI Pusat memasangkan pin Pena Emas kepada Gubernur Sumbar usai Sidang Pleno Terbatas PWI di Aula Gubernuran Sumbar. 

Laporan kontributor tribunpadang.com Riki Suardi dari Padang

TRIBUNPADANG.COM, PADANG – Gubenur Sumbar Irwan Prayitno meraih penghargaan Pena Emas dari PWI Pusat.

Penghargaan itu diberikan setelah sidang Pleno Terbatas pengurus PWI Pusat dengan 12 panelis, digelar di Aula Kantor Gubernur Sumbar Kamis (21/9/2018).

Seperti diketahui, penghargaan Pena Emas merupakan penghargaan perstisius yamng diberikan PWI Pusat. Hingga kini, baru dua orang yang mendapatkan pengjhargaan tersebut. Selain Irwan, sebelumnya penghargaan serupa juga diberikan kepada Azwar Anas.

Terkait sidang Pleno Terbatas, Gubernur Irwan Prayitno membawakan orasi ‘Minangkabau dalam Jadi Diri Pers Nasional’. Bahkan, orasi umumnya itu mendapatkan nilai "Cumlaude" dari PWI Pusat.

Baca: Hasil Sementara Timnas U-16 Vs Iran -0-0, Pertandingan Bisa Ditonton Live Streaming

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam orasi umumnya menyatakan, kebebasan pers merupakan sesuatu yang baik dalam membangun bangsa Indonesia yang lebih demokratis, bermartabat dan berbudaya.

Kendati begitu, katanya, kebebasan pers jika tidak dibarengi dengan aturan yang melandasi keprofesional profesinya, maka ibarat mobil dijalanan yang kecelakaan di saat tidak kendaraan lain di jalanan yang sama.

“Makanya perlu aturan lalu lintas untuk menertibkan agar banyak orang dapat dengan selamat selama berada di jalan raya. Begotu juga dengan pers,” kata Gubernur Irwan dalam orasainya.

Pada sidang tersebut, turut hadir utusan Fokopimda, Wakil Gubernur Nasrul Abit, Tokoh Pers Sumbar, Ketua dan Pemgurus PWI Sumbar, dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumbar.

Baca: Balita Tewas Terbakar di Siak Hulu, Balita Zizi dalam Ayunan saat Api Membakar Rumah

Menurut Irwan, lahirnya Pergub Sumbar No 30 tahun 2018, dilandasi bagaimana pers dan media itu dapat lebih bermartabat, terdaftar,  memiliki izin usaha dalam menjalani profesi, berbadan hukum, profesional dalam pengelolaan, profesional dalam pemberitaan, yang berimbang, fakta dan aktual serta terpercaya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved