Hari Rabies Sedunia

Peringati Hari Rabies Sedunia, Dinas Pertanian Bengkalis Vaksinasi Hewan Peliharaan Masyarakat

Dinas Pertanian Bengkalis akan melakukan vaksinasi rabies terhadap hewan milik masyarakat Bengkalis mulai, Selasa (25/9)

Peringati Hari Rabies Sedunia, Dinas Pertanian Bengkalis Vaksinasi Hewan Peliharaan Masyarakat
net
Ilustrasi 

Laporan wartawan tribunbengkalis.com Muhammad Natsir

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS -Dinas Pertanian Bengkalis akan melakukan vaksinasi rabies terhadap hewan milik masyarakat Bengkalis mulai, Selasa (25/9) besok sampai 30 September mendatang. Vaksinasi dilakukan dalam rangka peringatan hari rabies sedunia.

Selain itu pemberian vaksinasi rabies juga sebenarnya bertujuan pembebasan kabupaten Bengkalis dari rabies. Hal ini diungkap Kepala Seksi Kesehatan Hewan dinas Pertanian Bengkalis H. M. Mardani kepada tribun, Senin (24/9) pagi.

Menurut dia, kegiatan vaksinasi rabies diberikan secara gratis. Masyarakat Bengkalis mulai besok bisa langsung datang ke Pusat Kesehatan Hewan yang ada di setiap kecamatan.

Baca: Menpora Minta PT RAPP Bantu Stadion Utama Riau

"Untuk pelaksanaannya nanti masyarakat bisa langsung datang ke Puskeswan yang ada di delapan kecamatan. Sementara untuk kecamatan belum ada Puskeswan kita, namun bjsa berkoordinasi langsung dengan Puskeswan terdekat," terang Mardani.

Mardani mengatakan, pihaknya telah menyediakan vaksinasi rabies untuk hewan sebanyak 2000 dosis. Jumlah tersebut sesuai dengan target pihaknya yang telah ditetapkan.

"Namun jika dosis yang disediakan tidak habis semasa pelaksanaan vaksinasi dalam rangka hari rabies sedunja ini. Pihaknya akan mengelar vaksinasi lagi setelah peringatan hari rabies ini dengan mengadakan vaksinasi rabies masal," tambahnya.

Baca: Rayakan Hari Tani Nasional,  Komunitas Social Corner Dampingi dan Bantu Modal Petani 

Dengan adanya kegiatan vaksinasi gratis selama Peringatan hari rabies ini, diharapkan partisipasi masyarakat untuk memvaksinkan hewan peliharaannya. Pihaknya sudah menyediakan tenaga medis untuk pelakukan vaksinasi disetiap Puskeswan yang ada.

"Bahkan kalau terjadi kekurangan tenaga medis hewannya kita siap datangkan ke Puskeswan dari Dinas Pertanian Bengkalis," tambahnya.

Menurut dia, setelah vaksinasi dilakukan hewan yang sudah di vaksinasi akan diberikan tanda. Berupa kalung hewan. Sementara pemilik hewan akan diberikan kartu tanda vaksinasinya.

"Tahun tahun sebelumnya buku vaksinasi ini sudah ada. Jadi mereka yang mempunyai buku vaksi bisa datang membawa bukunya saat vaksinasi, pihaknya akan memberi tanda dibuku tersebut jika telah dilakukan vaksin pada buku yang dimiliki pemilik hewan.

Baca: Masa Perbaikan DPT Diperpanjang, KPU Inhil Kerahkan PPK dan PPS Cermati Data Pemilih

Untuk tahun kemarin, vaksinasi rabies dilakukan hampir sekitar 2700 hewan peliharaan. Dengan nominasi hewan anjing yang banyak diberikan vaksin.

"Ada tiga jenis hewan yang divaksin, pada tahun kemarin. Diantaranya kera, Kucing dan Anjing. Untuk Bengkalis ajing yang terbanyak diberikan vaksin, dengan tingkat vaksinasi terbanyak terdapat di Bengkalis daratan sumatera," jelas Mardani.(sir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved