Dharmasraya

Walinagari di Dharmasraya Nyatakan Dukung Jokowi-Ma'aruf, Pengamat Politik Ini Sebut Blunder Politik

Puluhan Walinagari se-Kabupaten Dharmasraya, secara terang-terangan, telah mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin

Walinagari di Dharmasraya Nyatakan Dukung Jokowi-Ma'aruf, Pengamat Politik Ini Sebut Blunder Politik
KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG
Pasangan capres-cawapres Jokowi-Maruf Amin menemui para relawan dan pendukung di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (21/9/2018). Setelah dari Tugu Proklamasi, Jokowi-Maruf Amin akan langsung menuju Kantor KPU untuk mengambil nomor urut sebagai peserta Pemilu Presiden 2019. 

Laporan kontributor tribunpadang.com Riki Suardi dari Padang

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Puluhan Walinagari se-Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat secara terang-terangan, telah mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin yang akan bersaing dengan Prabowo-Sandi pada Pilpres 2019 mendatang.

Terkait dukungan tersebut, pengamat politik dari Universitas Andalas (Unand), Aidinil Zetra menilai bahwa sikap dari Walinagari itu merupakan blunder politik, dan sangat disayangkan.

Baca: Longsor di Laut Sebabkan Tsunami, Akibat Gempa Donggala dan Palu

Sebab, saat ini masyarakat masih menungggu gagasan atau visis misi dari masing-masing pasangan calon.

"Ini blunder politik. Belum apa-apa sudah menyatakan dukungan. Walinagari harusnya mencerdaskan masyarakat. Jadi, sikap dari walinagari di Dharmasaraya itu sangat disayangkan sekali," kata Aidinil Zetra kepada tribunpadnag.com, Jumat (28/9/2018).

Meski tekah mendeklarasikan dukungan, namun Aidinil menikai bahwa dukungan yang disampaikan walinagari tersebut, tidak akan berpengaruh terhadap pandangan dan sikap politik masyarakat Sumatera Barat, karena masyarakat lebih melihat kepada sosok siapa kandidat yang bersaing.

"Pandangan atau sikap politik dari Walingari itu kecil kemungkinan untuk diikuti masyarakat, karena masyarakat Sumatera Barat dikenal rasional dalam melilih, egaliter dan tidak mudah terpengaruh oleh orang-orang tertentu, termasuk Parpol," ujarnya.

Baca: LIVE STREAMING Ceramah Ustaz Abdul Somad di TV One Pukul 13.00 WIB Ini, Tonton via Hape Disini

Seperti diketahui bahwa Kamis (27/9/2018) sekitar pukul 12.40 WIB, sebanyak 40 dari 51 orang Walinagari se-Kabupaten Dharmasraya yang mengatasnamakan Aswana, mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan Joko Widodo- Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019 mendatang.

Dalam deklarasi tersebut yang berlangsung di halaman Kantor Walinagari Sungai Dareh, Kecamatan Pulau Punjung itu, mereka menyampaikan sikap.

Di antaranya, mereka mendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin, karena Bupati Sutan Riska diusung menjadi Bupati oleh PDIP.

Kemudian, Pemerintahan Presiden Joko Widodo berhasil meningkatkan kesejahteraan rakyat dan pembangunan dirasakan langsung oleh masyarakat di segala bidang.

Baca: Link Live Streaming Laga Amal Arema FC Vs Madura United Untuk Haringga Sirla Kick Off 18.00 WIB

Bahkan, program Pemerintah Pusat melaui dana desa, juga diraskaan manfaatnya oleh masyarakat, seperti dalam meningkatkan sumber daya manusia dan pembagunanan infrastruktur.

Selain itu, dukungan untuk Joko Widodo-Ma'ruf Amin selain atas dasar Bupati Sutan Riska diusung PDIP, juga dikarenakan hasil musyawarah seluruh walinagari dan tidak unsur pakasaaan dari pihak manapun.(*)

Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved