Dumai

Ada Dugaan Masih Beredar, Waspadai Produk Makanan Kemasan Ilegal di Dumai

Masyarakat mesti mewaspadai sejumlah produk makanan kemasan tanpa dokumen resmi alias ilegal.

Ada Dugaan Masih Beredar, Waspadai Produk Makanan Kemasan Ilegal di Dumai
Desain Tribun Pekanbaru
ilustrasi tribun 

Laporan Wartawan Tribundumai.com, Fernando Sikumbang

TRIBUNDUMAI.COM, DUMAI - Masyarakat mesti mewaspadai sejumlah produk makanan kemasan tanpa dokumen resmi alias ilegal. Ada dugaan makanan kemasan impor masih beredar di Kota Dumai.

Makanan kemasan ini diduga beredar di pusat perbelanjaan modern. Produk kemasan ini sengaja dijual di swalayan dan supermarket.

Informasi Tribun, makanan impor ini masuk tanpa izin ke Kota Dumai dari sejumlah negara tetangga. Makanan atau minuman impor ilegal kondisinya mencolok dibanding produk impor dengan label merek luar negeri atau ML.

Baca: Neno Warisman Teriak Lantang Membakar Semangat Relawan Prabowo-Sandi di Aceh Besar

Produk pangan impor ilegal di Dumai dijajakan tanpa dilengkapi keterangan berbahasa Indonesia. Keterangan produk biasanya masih berbahasa negara asal produk itu. Ada juga produk itu tanpa sertifikasi halal.

Kondisi ini jelas merugikan masyarakat yang tidak tahu tentang produk itu, lantas membelinya. Mereka tertarik dengan kemasan unik produk impor tanpa dokumen resmi. Padahal mereka tidak mengetahui kandungan dari makanan tersebut.

"Kami antisipasi peredaran produk makanan asal luar negeri, yang tidak punya dokumen resmi saat beredar di Indonesia," papar Kepala Dinas Perdagangan Dumai, Zulkarnaen kepada Tribun, Minggu (30/9/2018).

Baca: Satnarkoba Polres Bengkalis Amankan Satu Oknum Polisi Lagi Pesta Narkoba Bareng 3 Rekannya

Menurutnya, pihak Dinas Perdagangan Dumai jelang akhir tahun belum mendapati beredarnya produk pangan ilegal. Pihak dinas memastikan bakal mengantisipasi peredaran produk makanan ilegal. Apalagi belum diketahui kandungan makanan itu.

Pihak dinas pun menggandeng Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru untuk mengantisipasi beredarnya produk pangan ilegal dari luar negeri.

BBPOM Pekanbaru kini membuka cabang di Kota Dumai. Mereka membantu pengawasan produk makanan yang ada di pasaran.

Mereka membantu upaya pengawasan makanan impor di Dumai. Pihak dinas butuh BBPOM untuk melakukan pemeriksaan laboratorium temuan makanan impor tanpa izin.

Baca: SEDANG BERLANGSUNG LIVE STREAMING Ceramah Ustaz Abdul Somad di Jakarta Selatan

Keberadaan BBPOM di Dumai juga membantu pengawasan produk makanan kadaluarsa. Produk makanan habis masa edar ini banyak di pusat perbelanjaan di pada sejumlah momen hari besar.

Pihak dinas pun siap melakukan inspeksi mendadak ke toko yang bandel.

"Kami juga terbantu bila nanti menemukan makanan dengan kandungan zat berbahaya di Dumai. Pemeriksaannya tentu di BBPOM," terangnya. (*)

Penulis: Fernando
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved