Liga 1

PSSI Cabut Status Penghentian Sementara, Liga 1 Kembali Bergulir 5 Oktober 2018

Liga 1 2018 sempat dihentikan menyusul insiden pertandingan Persib Bandung kontra Persija Jakarta beberapa waktu lalu.

BOLASPORT.COM
Logo Liga 1 Musim 2018 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Liga 1 2018 sempat dihentikan menyusul insiden pertandingan Persib Bandung kontra Persija Jakarta beberapa waktu lalu.

Dilansir dari Tribunnews.com, kekinian PSSI (Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia) mengirimkan surat kepada PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 perihal pencabutan status penghentian sementara Liga 1 2018.

Baca: PSSI Putuskan Menghentikan Liga 1 Senior Sampai Batas Waktu Tak Ditentukan

Baca: Pascainsiden Berdarah di GBLA, Pemain Klub Liga 1 2018 Sepakat Tak Main Pekan ke-24

Dalam surat bernomor 4302/UDN/1958/X-2018 tertanggal 1 Oktober 2018, menindaklanjuti surat PSSI pada tanggal 25 September 2018 bernomor 4188/UDN/1909/IX-2018 perihal penghentian sementara Liga 1 2018.

Hasil Sidang Komisi Disiplin PSSI dan surat permohonan dari Forum Silaturahmi Klub Liga 1 2018, PSSI memutuskan untuk mencabut status penghentian sementara Liga 1 2018.

Baca: Tak Pantas Dikonsumsi Publik, Kominfo Hapus 450 Video Pengeroyokan Haringga Sirla

"Pada prinsipnya, kami mematuhi apa yang diperintahkan oleh PSSI. Sebagai operator kompetisi, kami akan melakukan apa yang harus dilaksanakan," ungkap CEO PT LIB, Risha Adi Widjaya.

Sebelumnya, seperti yang dilansir Bolasport.com, PSSI kemungkinan besar akan kembali menggulirkan kompetisi Liga 1 2018 pada 5 Oktober mendatang.

Kepastian itu setelah nantinya Komite Disiplin PSSImengumumkan hukuman atas tragedi meninggalnya pendukung Persija Jakarta, Haringga Sirla, seusai dikeroyok suporter Persib Bandung, bobotoh, di luar Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat, Minggu (23/9/2018).

Sebelumnya federasi sepak bola Indonesia memutuskan untuk menghentikan sementara waktu kompetisi Liga 1 2018.

Hal itu dikarenakan PSSI membentuk Tim Pencari Fakta (TPF) untuk mengumpulkan bukti-bukti kejadian meninggalnya Haringga.

Berhentinya kompetisi sedikit membuat pusing para pemilik klub Liga 1 2018.

Baca: Pengeroyok Haringga Dilarang Nonton Bola Seumur Hidup di Indonesia, Ini Respons Smeck Hooligan

Ditakuti, pemberhentian itu akan berpengaruh pada akhir kompetisi Liga 1 2018 yang harus mundur satu bulan ke depan dan memaksa klub membayar gaji lebih kepada pemain-pemainnya.

"Kami menerima keinginan para klub, PSSI akan memberikan surat ke PT LIB untuk segera menjadwalkan pertandingan terbaru," kata Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (1/10/2018).

Pria yang akrab disapa Jokdri itu mengatakan lebih lanjut pihaknya masih fokus untuk mencari fakta-fakta terbaru atas meninggalnya Haringga.

Kata Jokdri, hari ini Komdis PSSI sedang melakukan sidang.

"Bisa saja Komdis itu melakukan sidang beberapa kali, oleh karenanya kami masih menunggu Komdis mengambil keputusan yang terbaik," kata Jokdri.

Baca: Fakta Baru Tewasnya Suporter Persija Haringga Sirla, Ternyata Dompetnya Dirampas

Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved