Pekanbaru

Pajak PJU Pelanggan Rumah Tangga dan Gedung Sosial Tetap 6 Persen

Pajak Penerangan Jalan Umum (PJU) untuk pelanggan rumah tangga dan gedung sosial tetap 6 persen dan masih dalam pembahasan Pansus.

Pajak PJU Pelanggan Rumah Tangga dan Gedung Sosial Tetap 6 Persen
Tribun Pekanbaru/ Syafruddin Mirohi
Lampu jalan atau Penerangan Jalan Umum (PJU) di Jalan Tuanku Tambusai tampak padam saat malam hari, Kamis malam (21/6/2018) tadi. Di sejumlah jalan lainnya juga PJU padam. 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaryu, Syafruddin Mirohi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pajak Penerangan Jalan Umum (PJU) untuk pelanggan rumah tangga dan gedung sosial tetap 6 persen dan masih dalam pembahasan Pansus.

Ketua Pansus Perubahan Ranperda PJU DPRD Pekanbaru, Dian Sukheri SIp kepada Tribunpekanbaru.com pada Jumat (5/10/2018) menjelaskan, dari beberapa kali rapat dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, belum ada keputusan apapun.

Termasuk mengenai usulan pemerintah, ingin menaikkan pajak dari 6 persen menjadi 8-10 persen, belum diakomodir oleh Pansus.

Baca: VIDEO: Detik-detik Mahasiswi UNP Tewas Terlindas Kereta Api Saat Berupaya Hindari Orang Gila

Baca: Beli Tanah Kavling di KPO, Dapat 2 Bibit Pohon Kurma, Keuntungannya Sama dengan 2 Hektar Sawit

"Bahkan sebelum itu, kita akan melakukan simulasi antara Dishub selaku leading sektor, dengan Bapenda selaku penarik pajak. Apakah sesuai antara data dengan pajak yang ditarik. Dari situ nanti akan ketahuan, pajak PJU ini rendah atau malah sebaliknya," kata Dian.

Pansus sedianya sudah membahas dan kajian bersama tim ahli, BPKAD, Bappeda, Bapenda dan Dinas Perhubungan termasuk pihak PLN area Pekanbaru awal pekan lalu.

Ada dua pembahasan yang dibahas, yakni Pajak Penerangan Jalan (PPJ) berasal dari pelanggan PLN atau rumah masyarakat.

Sedangkan pajak PJU, ditagih PLN kepada Pemko Pekanbaru karena pemasangan lampu jalan. Jadi sejak bulan Juni 2018, jumlah tagihan PJU dari PLN tidak seimbang dengan jumlah PPJ yang dikutip Pemko Pekanbaru kepada masyarakat.

Baca: KPU Dumai Buka Kesempatan Bagi Pemilih yang Belum Masuk DPTHP Pemilu 2019

Baca: Link Live Streaming Persela Vs PSIS: Kick Off 18.30 WIB

Kondisi ini, membuat Pemko Pekanbaru mengalami defisit karena harus menutupi atau menalangi jumlah tagihan PLN yang membengkak, dengan kondisi ini Pansus akan menyikapi kenaikan pajak PJU menggunakan prinsip keadilan.

Di mana, untuk pelanggan rumah tangga dan gedung sosial pajaknya tetap 6 persen, namun untuk pelaku industri dan perusahaan pajaknya naik menjadi 10 persen.

Halaman
12
Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved