Sosok Sutopo: Sang Informan Bencana Indonesia Via Medsos yang Mengidap Kanker Paru Stadium 4

Sutopo Purwo Nugroho. Namanya dikenal sebagai Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana

Sosok Sutopo: Sang Informan Bencana Indonesia Via Medsos yang Mengidap Kanker Paru Stadium 4
Kompas/Indra Akuntono
Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Sutopo Purwo Nugroho. Namanya dikenal sebagai Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dia selalu memberikan informasi saat bencana terjadi di Indonesia. Apa pun yang jadi pertanyaan wartawan, dia jawab.

Dedikasinya untuk negeri terlihat tak kenal lelah. Padahal, tubuhnya kini digerogoti kanker paru-paru stadium 4B.

SUTOPO aktif memberikan informasi terkait bencana, baik yang skala kecil maupun besar. Dia menyampaikan berita-berita bencana lewat media sosial atau mengirim pesan instan di aplikasi bertukar pesan.

Twitter jadi salah satu media Sutopo menjelaskan bencana yang terjadi di Indonesia. Dia sudah mem-posting cuitan lebih dari 12.000 per Jumat (5/10/2018). Tercatat 114.000 akun akun menjadi follower atau pengikutnya di situs mikroblogging itu.

Dia juga rajin mengirimkan rilis pers ke banyak kontak yang mayoritas adalah wartawan. Sutopo dikenal informatif oleh para pewarta. Dia selalu berusaha menjawab pesan atau telepon wartawan yang bertanya soal bencana.

Kamis (4/10/2018), Kompas.com menemui Sutopo di ruang kerjanya beberapa jam selepas dia menyampaikan konferensi pers terkait bencana Sulawesi Tengah.

Sutopo memang memutuskan untuk menggelar konferensi pers setiap hari pukul 13.00 WIB sejak hari pertama gempa bumi dan tsunami menerjang Sulawesi Tengah.

Mengenakan kemeja coklat dipadu rompi sewarna dengan badge BNPB, Sutopo yang tampak lelah meski berusaha menyembunyikannya, bercerita banyak hal.

Ini cerita Sutopo tentang masa lalunya, perasaannya yang hancur saat divonis kanker, keinginannya bertemu Presiden Joko Widodo dan artis Raisa Andriana, serta tentang keluarganya.     

Akun Twitter Sutopo Purwo Nugroho - (Tangkapan Layar Twitter)
Akun Twitter Sutopo Purwo Nugroho - (Tangkapan Layar Twitter) ()
Halaman
1234
Editor: Firmauli Sihaloho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved