Kampar

VIDEO: Hearing Pembangunan Jembatan Merangin, Masyarakat dan Pemerintah Sama-sama Kukuh

Seperti diketahui, masyarakat menuntut ganti rugi tanah dan bangunan mereka yang terkena dampak pembangunan jalur ke jembatan.

Laporan Fernando Sihombing

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Komisi I DPRD Kampar menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) membahas polemik pembangunan Jembatan Sei Merangin di Dusun Mangin Desa Merangin Kecamatan Kuok, Kamis (4/10/2018). Ini RDP kedua setelah Senin (1/10) lalu, belasan masyarakat mengadu ke Komisi I.

RDP atau Hearing dipimpin Ketua Komisi I, Repol didampingi Anggota Komisi, Syahrul Aidi Ma'azat. Rapat mempertemukan masyarakat dengan pemerintah yang berpolemik karena proyek di ruas pengembangan Jalan Lintas Riau-Sumatera Barat.

Masyarakat hadir didampingi kuasa hukumnya, Zulherman Rais. Sedangkan pihak pemerintah dihadiri Kuasa Satuan Kerja Pelaksana Jalan Negara (PJN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Erwin, Kepala Dinas PUPR Kampar, Afdal, Kepala Desa Merangin, Yanfernizal serta mantan Kepala Desa, M. Kamil.

Baca: Tak Hanya di Pekanbaru, Kasus Siswa SMP Sayat Tangan juga Terjadi di Lampung Tengah, Ada 41 Orang! 

Pada hearing itu, kedua belah pihak tidak memperlihatkan legalitas masing-masing terhadap areal yang sekarang dikerjakan.

Seperti diketahui, masyarakat menuntut ganti rugi tanah dan bangunan mereka yang terkena dampak pembangunan jalur ke jembatan.

Sedangkan pemerintah menyatakan tidak dapat memberi ganti rugi.

Pemerintah menganggap masyarakat yang menuntut tidak memiliki legalitas alas hak terhadap tanah.

Baca: Dua Tahun Tak Kelihatan, Pemda Pelalawan Anggarkan Perbaikan Mobil Dinas Bupati Harris Rp 200 Juta

Pemerintah juga mengklaim tanah jalan sudah berstatus menjadi milik negara.

Zulherman menyatakan, masyarakat akan menempuh jalur hukum jika persoalan ini tidak selesai. Ia mengklaim masyarakat mempunyai legalitas atas tanah.

Halaman
12
Penulis: Fernando Sihombing
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved