PT Hutama Karya Tandatangani 3 Kesepakatan, Termasuk untuk Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

PT Hutama Karya Tandatangani 3 Kesepakatan, Termasuk untuk Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

PT Hutama Karya Tandatangani 3 Kesepakatan, Termasuk untuk Jalan Tol Pekanbaru-Dumai
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Pekanbaru tengah dalam tahap pengerjaan, Rabu (21/3/2018). Jalan tol yang merupakan bagian dari jalan Trans-Sumatera yang menghubungkan Pekanbaru dengan Dumai tersebut rencananya akan rampung pada tahun 2019 mendatang dengan panjang jalan keseluruhan mencapai 131,5 km. Bila selesai, jarak tempuh dari Pekanbaru ke Dumai atau sebaliknya hanya akan memakan waktu kurang lebih dua jam. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) Tbk menandatangani kesepakatan dengan PT Bank Mega Tbk yang akan memberi pinjaman untuk jalan tol Pekanbaru-Dumai berupa investment loan US$ 523 juta dan CDS loan US$ 392 juta.

Sekadar tahu saja, tol Pekanbaru-Dumai merupakan seksi prioritas diantara seksi lain di tol Trans Sumatra.

Berdasarkan data yang diterima Kontan.co.id yang dikutip Tribunpekanbaru.com, pada Kamis(11/10/2018), ditargetkan jalan tol ini akan beroperasi penuh pada 2020 dengan panjang 131 km.

Baca: Plt Gubernur Riau Marah dan Sebut Pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai Paling Lama di Dunia 

Baca: Pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru Terpaksa Ditunda karena Masalah Ini

Baca: Tasman dan Joko Tiba di Brussel. Dua Kakek Pesepeda Terharu Disapa Warga Indonesia di Kortgene

Selain itu, PT Hutama Karya Tbk juga menandatangani kesepakatan dengan insitusi pembiayaan seperti Bank Permata, ICBC, dan MUFG serta, PT SMI.

Kesepakatan ini diperuntukkan untuk monetisasi aset, akses jalan tol Tanjung Priok, untuk menutupi ekuitas porsi Pekanbaru-Dumai.

Untuk ini, nilai fasilitas pembiayaannya mencapai US$ 336 juta.

Terakhir, PT Hutama Karya Tbk menandatangani kesepakatan sindikasi dari beberapa bank yakni Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, dan CIMB Niaga dengan total kredit investasi US$ 684 juta dan CDS loan US$ 388 juta.

Dalam hal ini, Hutama Karya juga mengikutsertakan PT SMI.

Sekadar tahu saja, pinjaman ini nantinya diperuntukkan untuk jalan tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (185km) yang juga merupkan bagian dari jalan tol Trans Sumatra.

Jalan tol ini diprediksi akan beroperasi penuh di 2019.

Total ada tiga kesepakatan untuk pembiayaan pembangunan tol Trans Sumatra di Indonesia Investment Forum 2018 yang ditandatangani PT Hutama Karya Tbk.

Ketiganya merupakan kesepakatan dengan para perusahaan perbankan dengan total nilai pembiayaan hingga US$ 1,54 miliar atau setara Rp 23,14 triliun untuk pembangunan Tol Trans Sumatra. (*)

Editor: harismanto
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved