Berita Riau

Kejar Wajib Pajak ke Pelosok, Bapenda dapat Tambahan Empat Mobil Samsat Keliling

Kejar wajib pajak hingga ke pelosok, Bapenda Riau dapat empat mobil Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) keliling

Kejar Wajib Pajak ke Pelosok, Bapenda dapat Tambahan Empat Mobil Samsat Keliling
Tribun Pekanbaru/Nasuha Nasution
Kejar Wajib Pajak ke Pelosok, Bapenda dapat Tambahan Empat Mobil Samsat Keliling 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kejar wajib pajak hingga ke pelosok, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau dapat empat mobil Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) keliling.

Pemerintah Provinsi Riau melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) mendapatkan amunisi untuk mengejar wajib pajak berupa empat unit mobil Samsat Keliling, dan akan segera dimanfaatkan untuk mengejar penunggak pajak terutama daerah pelosok di Riau.

Empat unit Mobil Samsat keliling ini merupakan bantuan dari Bank Riau Kepri, menurut Kepala Bidang Pajak Badan Pendapatan Daerah Provinsi Ispan S Syahputra empat unit ini akan diserahkan pada 17 Oktober mendatang.

Baca: Jadwal Liga Champions Grup A dan B, Barcelona Vs Inter Milan, Pemenang Akan Pimpin Grup B

Baca: Masyarakat di Tiga Kelurahan Terkena Dampak Banjir di Dumai

"Begitu diserahkan maka akan langsung kami operasionalkan langsung, mobil ini akan distandbykan di Unit Pelaksana Teknis (UPT), "ujar Ispan S Syahputra kepada Tribun Jumat (12/10).

Namun pihaknya masih melakukan pemetaan, untuk penempatan mobil Samsat keliling tersebut, namun yang jelas ini diperuntukkan bagi daerah yang aksesnya jauh ke kantor UPT Bapenda.

" Karena kan mobile terus nanti, misalnya ada pasar maka akan distandbykan disana, ya Sasarannya bagi masyarakat wajib pajak yang jauh dari pelayanan, "ujarnya.

Menurut Ispan untuk pajak ini memang perlu dilakukan jemput bola ke masyarakat, karena alasan masyarakat tidak bayar pajak selama ini karena akses dari tempat tinggal mereka jauh menuju kantor pelayanan.

"Jadi bisa maksimal pendapatan dari sektor pajak kendaraan bermotor (PKB), karena selama ini pendapatan terbesar itu dari PKB, "ujar Ispan.

Baca: Leani Ratri Oktila Raih Medali Perak di Nomor Tunggal Putri SL4

Baca: Video, Jadwal dan Link Live Streaming Timnas U-19 Indonesia Vs Yordania, Kick Off Pukul 15.00 WIB

Ispan juga menyebutkan selain dengan memaksimalkan jemput bola ke masyarakat pihaknya juga mendirikan pelayanan Samsat gerai di berbagai pusat perbelanjaan di Kota Pekanbaru. Ini untuk memudahkan masyarakat.

"Samsat gerai ini ada di Mall SKA dan mal Ciputra. Layanan di sana siang jam 1 sampai tutup Mall. Kalau kantor layanan jam 3 tutup, bagi WP tak punya waktu ke kantor Samsat bisa mendatangani gerai di mal, "jelas Ispan.

Sebagaimana diketahui ditengah kondisi defisit anggaran Pemerintah Provinsi Riau saat ini memang harus dilakukan maksimal pengajaran pajak terhadap masyarakat untuk memaksimalkan pendapatan itu.

Pihak Bapenda juga sudah melakukan penertiban terhadap Penunggak Pajak dengan melakukan razia kendaraan Penunggak Pajak di beberapa lokasi.

Bagi kendaraan yang diketahui menunggak pajak maka dilakukan penilangan langsung dan diarahkan agar melakukan pelunasan pajaknya di lokasi razia. (*)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved