Berita Riau

Sejumlah Daerah di Riau Banjir, BPBD Ingatkan Warga di Sepanjang Aliran Sungai Waspada

Saat ini banjir di Riau diantaranya Kabupaten Rokan Hulu ada daerah terendam banjir di Desa Koto Ruang Kecamatan Rokan IV Koto.

Sejumlah Daerah di Riau Banjir, BPBD Ingatkan Warga di Sepanjang Aliran Sungai Waspada
Tribun Pekanbaru
Banjir terjadi di sejumlah kawasan di Kota Dumai, Jum'at (12/10/2018). Air yang menggenang tingginya berkisar 30 cm. Kondisi ini adalah dampak hujan deras yang mengguyur kota hingga Jum'at pagi. 

Laporan wartawan tribunpekanbaru.com Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Musim hujan yang sudah mulai melanda hampir seluruh Riau menjadi ancaman terjadinya banjir. Terutama yang berada di aliran empat sungai besar yang ada di Provinsi Riau. Mulai dari Sungai Rokan, Sungai Kampar, Sungai Indragiri dan Sungai Siak.

Saat ini banjir mulai menggenangi beberapa daerah di Riau diantaranya Kabupaten Rokan Hulu ada daerah terendam banjir di Desa Koto Ruang Kecamatan Rokan IV Koto.

Kemudian daerah Kota Pekanbaru juga di wilayah Muara Fajar mulai terendam banjir juga. Kemungkinan dari tingginya curah hujan juga yang merata di Riau juga mengancam terjadinya banjir.

Baca: Masyarakat di Tiga Kelurahan Terkena Dampak Banjir di Dumai

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau Edwar Sanger mengatakan pihaknya selalu kordinasi dengan daerah terkait perkembangan dan peningkatan air di sungai.

"Selain daerah muara fajar Rumbai kemarin ada juga baru muncul di Desa Koto Ruang Kecamatan Rokan Empat Koto Rohul, baru dua daerah itu yang terpantau banjir, "ujar Edwar Sanger kepada Tribun Jumat (12/10).

Pihaknya mengaku juga sudah mengirimkan bantuan logistik ke lokasi banjir tersebut." Kami bantu logistik kesana bersama sama dengan BPBD Rohul, dan kota Pekanbaru, "ujar Edwar Sanger.

Edwar juga mengakui tingkat kenaikan air di bendungan PLTA Kota Panjang juga sudah mulai meningkat sehingga perlu juga diwaspadai terutama disepanjang bantaran sungai Kampar.

Baca: Dua Kecamatan di Agam Terendam Banjir, Ketinggian Air Mencapai 3 Meter

" Kami juga menghimbau masyarakat yang berada di daerah bantaran sungai agar lebih waspada dalam rangka memasuki musim hujan nanti, "ujar Edwar Sanger.

BPBD juga bersama PLTA juga terus melakukan koordinasi untuk memantau debit air di PLTA, begitu ada peningkatan dan lainnya maka menurut Edwar Sanger akan diberitahu kepada masyarakat.

"Kita tetap waspada, dan kami melakukan koordinasi dengan kawan - kawan BPBD yang daerahnya selama ini dilalui aliran sungai tersebut. PLTA juga kami pantau terus perkembangan debit airnya, "ujarnya.

Sementara itu Kasi Data dan Informasi BMKG Marzuki mengatakan Riau sudah memasuki musim hujan hingga Desember mendatang, musim hujan ini merata terjadi di seluruh wilayah Riau.

Baca: VIDEO: Banjir Bandang Terjang Lintau Buo Sumbar, 2 Meninggal dan 1 Orang Dalam Pencarian

"Riau sudah memasuki musim hujan penuh, seluruh wilayah merata terjadi hujan, "ujar Marzuki kepada Tribun.

Menurut Marzuki, dengan tingginya curah hujan ini maka kemungkinan terjadinya banjir juga disepanjang aliran sungai terjadi. Apalagi Riau memiliki empat aliran sungai besar di Riau.

"Ancaman itu ada, karena curah hujan terus tinggi dan akan terjadi hingga akhir tahun, "jelasnya.

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved