Pekanbaru

Sekolah Angkasa Gelar AMSO Serentak 151 Sekolah se-Indonesia Hari Ini

Yayasan Ardhya Garini (Yasarini) menggelar kegiatan Angkasa Mathematics and Science Olympiad (AMSO)

Foto/cerpen.co.id
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Alexander

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU -- Untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, Yayasan Ardhya Garini (Yasarini) menggelar kegiatan Angkasa Mathematics and Science Olympiad (AMSO) yang untuk Pekanbaru dilaksanakan di Sekolah SD Angkasa, Kompleks Angkatan Udara Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Selasa (23/10/2018).

Ketua Umum Yasarini, Ny Nanny Hadi Tjahjanto melalui Ketua Yasarini Pengurus Cabang Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Ny Irenne Ronny Irianto Moningka mengatakan, dalam peningkatan mutu sekolah diperlukan inovasi dan kreatifitas berfikir serta bertindak, maka dari itu, kegiatan tersebut dilaksanakan.

"Ini merupakan kegiatan AMSO yang kedua, dimana pada tanggal 9 Oktober 2017 kegiatan AMSO yang pertama diselenggarakan," tutur Ny Irenne.

Baca: Tim Basket Putri Riau Masuk Semifinal Popwil I Sumatera

Ditambahkannya, olimpiade mata pelajaran merupakan kegiatan yang menantang bagi setiap siswa, karena dalam olimpiade itu membutuhkan penalaran dan pemahaman tingkat tinggi pada daya pikir siswa.

"Melalui AMSO banyak manfaat yang bisa diambil, misalnya menyediakan wahana bagi siswa SD/MI, SMP, dan SMA serta SMk Sekolah Angkasa untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Matematika, IPA dan IPS. Selain itu meningkatkan kemampuan siswa berbagai bidang, kemudian memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran terkait, dan mempersiapkan siswa berprestasi," ulasnya.

Baca: Sempat Jadi Polemik, Bupati Harris Akhirnya Lantik 114 Kepsek dan Pengawas se-Pelalawan

Ia berharap, kegiatan ini dapat menjadi program rutin kedepan yang dilaksanakan setiap tahunnya. Karen selain menguji dan mengasah intelektual dibidang ilmu pengetahuan tertentu, olimpiade ini juga melatih siswa untuk berkompetisi dalam mencapai masa depan.

"Karena itu, mulai sekarang kalian harus dilatih dan disiapkan untuk menghadapi kompetisi tersebut, dengan kemampuan dan kompetensi diri bidang ilmu pengetahuan," ulasnya.

Baca: Biaya Pendaftaran SBMPTN 2019 Tidak Naik, Simak Perubahan Tahapan SBMPTN Ini

Ia juga menjelaskan, kegiatan itu dilaksanakan secara serentak se-Indonesia dan diikuti oleh 51 sekolah Angkasa di Indonesia.

"Selanjutnya akan ada babak kedua di Jakarta. Siswa yang terpilih akan dibekali masing-masing dengan pengetahuan budaya dan juga seni daerah. Sehingga mereka di sana tidak hanya berkompetisi, tapi juga memperkenalkan budaya masing-masing daerah," ujarnya. (*)

Penulis: Alex
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved