Pekan Life

Stok Pertalite Kosong, Premium Terbatas, DPRD Minta Pertamina Tak Tutup Mata

Pantauan Tribunpekanbaru.com hingga Jumat petang, BBM jenis pertalite SPBU di Arifin Ahmad, Jalan HR Subrantas, Jalan Air Hitam terjadi kekosongan.

Stok Pertalite Kosong, Premium Terbatas, DPRD Minta Pertamina Tak Tutup Mata
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Sebuah tanda terkait BBM habis dipampang di sebuah SPBU Jalan Thamrin Pekanbaru, Jumat (26/10/2018).┬áBeberapa hari terakhir, bahan bakar jenis Premium maupun┬áPertalite mulai langka di Kota Pekanbaru sehingga pengendara terpaksa menggunakan bahan bakar lain, yaitu Pertamax dan Pertamax┬áTurbo. (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY) 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com ; Syafruddin Mirohi

TRIBUNPEKANBARU.com-PEKANBARU- Stok Bahan Bakar Minyak (BBM), jenis pertalite di Kota Pekanbaru, sejak Kamis malam (25/10/2018) hingga Jumat (26/10/2018), kosong hampir di seluruh SPBU.

Pantauan Tribunpekanbaru.com hingga Jumat petang, BBM jenis pertalite SPBU di Jalan Arifin Ahmad, Jalan HR Subrantas, Jalan Air Hitam terjadi kekosongan.

Di SPBU ini, hanya premium dan partamax serta partamax turbo yang tersedia. Namun antrean panjang terjadi di lajur premium, hingga membuat arus lalu lintas macet.

Ketua Fraksi PKB DPRD Pekanbaru Zaidir Albaiza SH MH mengaku, pihaknya sangat menyayangkan kondisi ini.

Baca: Diduga Banyak Wajib Pajak yang Nakal, Bapenda Pekanbaru akan 400 Unit Tapping Box

Seharusnya Pertamina mengantisipasi kekurangan stok BBM, terutama premium yang masih menjadi primadona bagi masyarakat.

"Sejak jauh hari kita sudah ingatkan. Jangan sampai terjadi seperti ini. Kan kasihan masyarakat sulit mendapatkan BBM. Ironisnya lagi, ada juga di salah satu SPBU di kota ini, setelah masyarakat antri, ternyata premium habis. Pertalite sendiri memang kosong beberapa hari belakangan ini," kata Zaidir kepada Tribunpekanbaru.com.

DPRD meminta agar situasi ini cepat dinormalkan oleh Pertamina. Jangan sampai terjadi riak di tengah masyarakat, karena pengaruhnya sangat banyak.

Terutama pengaruh ekonomi masyarakat, beberapa harga sembako bisa mendadak naik.

Baca: Pelaku Penguras Uang Bank Setengah Milyar Lebih Ternyata Agen Layanan Sendiri

"Ini yang harus diperhatikan pemerintah, terutama Pertamina. Jangan tutup mata lah dengan situasi ini. Kita minta segera diatasi," pinta Zaidir yang juga duduk sebagai Anggota Komisi IV ini tegas.

Lebih dari itu, DPRD mengharapkan mulai besok (Sabtu hari ini), stok premium dan pertalite kembali normal di Kota Pekanbaru, umumnya di Provinsi Riau. Karena dipastikan, jika ketersediaan BBM yang ada seperti sekarang ini, partamax, masyarakat tidak semuanya mampu membelinya.

"Partamax itu harganya mahal, Rp11.800 per liter. Dipastikan bisa lumpuh ekonomi, apalagi kondisi serba susah sekarang ini. Jadi, kita minta Pertamina tak ada alasan apapun. Pemerintah, baik Pemprov maupun pihak terkait lainnya juga harus turun tangan membantu mengatasi situasi ini," pinta Zaidir seraya berharap mudah-mudahan kondisi ini kembali pulih seperti biasanya.(*)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved