Pekanbaru

Nasib Pembahasan 4 Ranperda di DPRD Pekanbaru, Pansus Mengaku Optimis Rampung Tahun Ini

Pembahasan 4 Ranperda, yang ditargetkan DPRD Pekanbaru disahkan hingga akhir tahun ini, nampaknya pesimis bisa terealisasi.

b4networks.com
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Syafruddin Mirohi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pembahasan 4 Ranperda, yang ditargetkan DPRD Pekanbaru disahkan hingga akhir tahun ini, nampaknya pesimis bisa terealisasi.

Buktinya, hingga akhir Oktober ini saja, Pansus masih berkutik pada pembahasan internal dan pembahasan bersama OPD terkait.

Bahkan belum nampak untuk dibawa ke tingkat paripurna. Lagi pula, hingga pertengahan November nanti, DPRD dipastikan disibukkan dengan pembahasan APBD 2019.

Baca: Streaming Timnas U19 Indonesia vs Jepang Perempat Final Piala AFC U19 Pukul 19.30 WIB, Live RCTI

Lalu, apakah Pansus optimis bisa 4 Ranperda tersebut disahkan menjadi Perda tahun ini.

"Selasa kita rapat lagi," kata Ketua Pansus I dan 2 DPRD Pekanbaru Dian Sukheri SIp kepada Tribunpekanbaru, Minggu (28/10/2018). Dia mengaku optimis Ranperda yang dibahas pihaknya bisa selesai tahun ini, dan menjadi Perda Kota Pekanbaru.

Hal yang sama juga diakui Ketua Pansus 3 dan 4 DPRD Pekanbaru Ida Yulita Susanti. "Sedang dalam pembahasan, Senin kita mulai lagi," katanya seraya juga mengaku optimis, bisa menyelesaikan pembahasan tahun ini.

Seperti diketahui, 4 Ranperda yang sedang dibahas Pansus DPRD masing-masing, Ranperda Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan Kota Pekanbaru atau CSR, Ranperda Tentang Perubahan Atas Perda No 3 Tahun 2011 Tentang Pajak Penerangan Jalan (Pansus 1 dan 2).

Baca: Inilah Fungsi Alat Pengatur Lalu Lintas di Jalan Diponegoro dan Jalan Sudirman Pekanbaru

Kemudian, Ranperda Tentang Perubahan Atas Perda No 12 tahun 2016 Tentang Pernyertaan Modal Daerah dan Penambahan Pernyertaan Modal Daerah Kepada BUMD dan Badan Hukum lainnya, serta Ranperda Tentang Sistem Penyediaan Air Minum Kota Pekanbaru (Pansus 3 dan 4).

Atas 4 Ranperda ini, Pansus DPRD sudah melakukan studi banding ke Pulau Jawa dan Sulawesi, dengan menghabiskan biaya dari APBD Pekanbaru, ratusan juta rupiah. Sehingga sangat disayangkan, jika Ranperda ini gagal jadi Perda tahun ini.

Baca: Link Live Streaming Mitra Kukar Vs PSIS Semarang Pekan 28 Liga 1, Kick Off Pukul 15.30 WIB

Sebab, jika diharapkan tahun depan, dipastikan anggota dewan sibuk dengan agenda Pemilu dan Pileg, yang akan digelar pada April 2019. Meski dari Ranperda ini, hanya dua yang agak menyentuh kepentingan masyarakat, yakni Ranperda CSR serta Ranperda Penyediaan Air Minum Kota Pekanbaru.

Sementara dua lainnya, Ranperda kepentingan Pemko, yang sarat dengan kepentingan sekelompok orang. (*)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved