Breaking News:

Berita Riau

Madrasah yang Berstatus Negeri Hanya 5 Persen, 95 Lainnya Masih Dikelola Masyarakat

Jumlah sekolah madrasah di Riau saat ini berkembang pesat, sayangnya dari total yang ada, jumlah sekolah madrasah negeri masih minim

Tribun Pekanbaru/Alexander
Madrasah yang Berstatus Negeri Hanya 5 Persen, 95 Lainnya Masih Dikelola Masyarakat 

Madrasah yang Berstatus Negeri Hanya 5 Persen, 95 Lainnya Masih Dikelola Masyarakat

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Alexander

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Jumlah sekolah madrasah di Riau saat ini berkembang pesat, sayangnya dari total yang ada, jumlah sekolah madrasah negeri masih minim.

Berdasarkan data yang ada di Bidang Pendidikan Madrasah Kementerian Agama RI, jumlah madrasah negeri di Indonesia berjumlah 3.939 madrasah, dengan rincian, Madrasah Ibtidiyah Negeri (MIN) sebanyak 1.684, Madrsah Tsanawiyah Negeri (MTSN) sebanyak 1.469 dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) sebanyak 786 madrasah.

Baca: Doa Mengalir di Status Terakhir Vivian Afifa dan Reni Aryanti, Penumpang Lion Air JT 610

Baca: Disdukcapil Kepulauan Meranti Launching Kartu Identitas Anak

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, dari jumlah madrasah yang ada, hanya 5 persen yang bersatatus negeri, sedangkan 95 persen lainnya masih dikelola oleh masyarakat.

"Jumlah 3.939 itu merupakan angka persentase 5 persen dari seluruh madrasah se-tanahnair, 95 persen lainnya masih dikelola oleh masyarakat.

Negara memang harus memperbesar kehadirannya di tengah masyarakat," kata Saifuddin, saat menegerikan 48 Madrsah se Indonesia sekaligus melaunching Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kanwil Kemenag Riau, di MAN 3 Pekanbaru, Provinsi Riau, Senin (29/10).

Sedangkan untuk Riau, berdasarkan data Kemenag Riau, total seluruh madrasah adalah 1.390, dengan rincian, MI berjumlah 458, MTs 619, MA 313 madrasah.

Baca: Bupati Kuansing, Mursini Bawa Rombongan Datangi Kantor Bawaslu Riau

Baca: Lois Jeans Tawarkan Promo Rebajas, Diskon Hingga 70 Persen

Sedangkan jumlah madrasah yang sudah berstatus negeri adalah 82, dengan rincian, MIN berjumlah 18, MTSN 42 dan MAN berjumlah 22 madrasah.

"Hari ini kita baru saja meresmikan tidak kurang dari 48 madrasah yang awalnya swasta menjadi negeri, yang tersebar di beberapa provinsi, dan di Riau ada 10 madrasah. Tentu ini upaya kita untuk menghadirkan madrasah ditengah- tengah masyarakat khusunya dalam bidang pendidikan keagamaan, mudah-mudahan madrasah yang negerikan ini betul-betul mampu mengembangkan diri menjadi model di masyarakat sekitarnya. Khususnya pada madrasah swasta, ini menjadi termotivasi untuk bisa di negerikan nantinya,” ungkapnya.

Halaman
123
Penulis: Alex
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved