Berita Riau

Sudah 9 Kepala Daerah yang Diperiksa, Hari Ini Bupati Bengkalis Penuhi Panggilan Bawaslu Riau

Bawaslu Riau kembali melakukan pemeriksaan pada Bupati Bengkalis, Amirul Mukminin.

Tribun Pekanbaru/Syaiful Misgiono
Bawaslu Riau 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Syaiful Misgiono

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Bawaslu Riau kembali melakukan pemeriksaan sejumlah kepala daerah, Senin (29/10/2018). Kali ini giliran Bupati Bengkalis, Amirul Mukminin yang menjalani pemeriksaan.

Pemeriksaan Bupati Bengkalis masih terkait dugaan keterlibatan kepala daerah yang menghadiri dan menandatangani dukungan kepada pasangan Calon Presiden (Capres) dan Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1 di salah hotel di Pekanbaru beberapa waktu lalu.

Baca: VIDEO: Beregu Putra dan Putri Tenis Meja Riau Raih Emas Popwil 2018 di Aceh

Amirul tiba di Kantor Bawaslu Jalan Adi Sucipto sekitar pukul 10.00 Wib dengan mengenakan pakaian kemeja warna putih. Setiba di Kantor Bawaslu, Amirul langsung masuk ke dalam ruang aula untuk menjalani pemeriksaan oleh pihak Bawaslu.

"Pemeriksaan masih seperti biasa, pertanyaanya juga masih seperti pertanyaan biasa, ada 28 pertanyaan yang diajukan, sama dengan pemeriksaan kepala daerah yang sebelumnya," kata Anggota Bawaslu Riau, Gema Wahyu Adinata, Senin (29/10/2018).

Gema mengungkapkan, sejauh ini sudah sembilan kepala daerah yang sudah dilakukan pemeriksaan. Masih ada dua lagi yang belum dilakukan pemeriksaan. Yakni Walikota Dumai, Zulkifli AS dan Bupati Kuansing Mursini.

"Dua kepala daerah lagi kita jadwalkan agenda pemanggilanya hari ini. Tapi kalau tidak hadir tetap kita lanjutkan ke tahap selanjutnya. Pembahasan dengan Gakumdu," katanya.

Baca: 3 Hari Hilang, Bocah 12 Tahun di Pelalawan Ditemukan Tak Bernyawa di Sungai, Kondisi Mengenaskan

Gema menegaskan, pihaknya sejauh ini sudah dua kali mengirimkan surat pemanggilan. Namun jika kepala daerah tersebut tidak hadir, maka pihaknya tetap akan melanjutkan ke tahap berikutnya.

"Pemanggilan itukan cuma boleh sampai dua kali. Kalau sudah kita panggil dua kali tidak hadir kita tetap lanjutkan. Karena pemanggilan ini kan untuk klarifikasi. Jadi itu hak mereka mau atau tidak memberikan klarifikasi," ujarnya.

Setelah seluruh kepala daerah dimintai klarifikasi pihanya akan langsung melakukan rapat bersama Gakumdu. Setelah itu baru dilakukan rapat pleno penetapan hasil pemeriksaan.

Namun untuk rapat pleno penetapan hasil atas pemanggilan dan pemeriksaan terhadap 11 kepala daerah di Riau terkait dugaan keterlibatan kepala daerah yang menghadiri dan menandatangani dukungan kepada pasangan Calon Presiden (Capres) dan Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1 di salah hotel di Pekanbaru beberapa waktu lalu tersebut baru akan dilakukan Kamis (1/11/2018) mendatang. Sebab saat ini Ketua Bawaslu Riau sedang tidak berada di Pekanbaru.

Baca: Terungkap! Identitas Korban yang Ditemukan Sudah Jadi Tengkorak di Kebun Warga di Tampan

"Pak Ketua (Bawaslu) sedang dinas luar kota, jadi untuk rapat plenonya kita menunggu beliau pulang dari luar kota. Kemungkinannya Kamis besok baru bisa kita gelar rapat plenonya," pungkasnya. (*)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved