Pelalawan

Operasikan Dua Genset Bertegangan Tinggi, RSUD Selasih Belum Kantongi SLO

RSUD Selasih Pangkalan Kerinci saat ini mengoperasikan dua unit Genset bertegangan tinggi, untuk memenuhi kebutuhan arus.

Operasikan Dua Genset Bertegangan Tinggi, RSUD Selasih Belum Kantongi SLO
Istimewa
Dua genset yang dioperasikan RSUD Selasih Pangkalan Kerinci berkapasitas 300 dan 500 KVA. Namun hingga kini belum mengantongi Sertifikat Laik Operasi (SLO). 

Laporan wartawan tribunpelalawan.com, Johannes Wowor Tanjung

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALAN KERINCI - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Selasih Pangkalan Kerinci saat ini mengoperasikan dua unit Generator Set (Genset) bertegangan tinggi, untuk memenuhi kebutuhan arus di lingkungan rumah sakit.

Informasi yang diperoleh tribunpelalawan.com, dua unit genset berkapasistas besar itu yakni satu mesin dengan tegangan 300 Kilovolt Amper (KVA) dan satu lebih labih besar, sekitar 500 KVA.

Baca: Lagi, Ditemukan Mayat di Pelalawan, Kali Ini Jasad Perempuan Telentang di Kebun Karet

Kedua genset itu diletakan di sebelah kanan gedung RUSD berdekatan dengan instalasi air dan telihat dari tepi Jalan Hangtuah SP 6 Desa Makmur, Pangkalan Kerinci.

"Tapi cukup bahaya, karena sampai sekarang belum ada Sertifikat Laik Operasinya (SLO). Padahal sudah bertahun-tahun digunakan," terang sumber tribunpelalawan.com yang meminta namanya tak dituliskan.

Dua genset yang dioperasikan RSUD Selasih Pangkalan Kerinci berkapasitas 300 dan 500 KVA. Namun hingga kini belum mengantongi Sertifikat Laik Operasi (SLO).
Dua genset yang dioperasikan RSUD Selasih Pangkalan Kerinci berkapasitas 300 dan 500 KVA. Namun hingga kini belum mengantongi Sertifikat Laik Operasi (SLO). (Istimewa)

Sertifikak Laik Operasi (SLO) dibutuhkan untuk kemanan dan kenyamanan pemakaian pembangkit listrik bertegangan tinggi. Termasuk penggunaan instalasi serta jaringan yang sesuai dengan standarisasinya.

Sertifikat itu dikeluarkan oleh badan independen bersertifikasi.

Baca: 4 Kasus Penemuan Mayat dalam 2 Pekan di Pelalawan, 2 Diantaranya Mr X

Sesuai dengan Undang-undang nomor 30 tahun 2009 tentang ketenagalistrikan pasal 44 menyebutkan isntalasi tenaga listrik yang beroperasi wajib memiliki SLO. Genset diatas 200 KVA harus mengantongi SLO sebelum digunakan oleh pemiliknya baik swasta, perorangan, maupun instansi pemerintah.

Saat dikonfirmasi terkait hal ini, Direktur Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD Selasih Pangkalan Kerinci, dr Zul Anwar, membenarkan pihaknya belum mengantongi SLO atas penggunaan dua unit Genset bertegangan 300 dan 500 KVA.

Sertifikat tersebut sedang diurus melalui badan independen di Pekanbaru.

Baca: Evakuasi Korban Lion Air JT 610 Dibantu Denjaka TNI AL, Yuk Intip Kekuatan Pasukan Khusus Ini

Halaman
12
Penulis: johanes
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved