Berita Riau

4.578 Rumah di Kuansing Terendam Banjir, Dinsos Minta Tambahan Stok ke Pusat

Musim hujan yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir menyebabkan debit air sungai meningkat termasuk sungai Kuantan.

4.578 Rumah di Kuansing Terendam Banjir, Dinsos Minta Tambahan Stok ke Pusat
Istimewa
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Musim hujan yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir menyebabkan debit air sungai meningkat termasuk sungai Kuantan. Sehingga menyebabkan rendam ribuan rumah di 99 Desa di daerah tersebut.

Dari data di Dinas Sosial Provinsi Riau, ada 4.578 unit rumah dan 3.148 hektar lahan sawah di Kuantan Singingi terendam banjir.

Paling parah di delapan kecamatan, yakni di Kecamatan Kuantan Mudik, 184 rumah terendam, Gunung Toar 15 rumah, Kuantan Tengah 495 rumah, Benai 902 rumah, Pangean 1.934 rumah, Kuantan Hilir Seberang 878 rumah, Inuman 122 rumah, dan Cerenti 47 rumah.

Baca: Waspada Hoaks, Kapolres Tegaskan Tidak Ada Kasus Penculikan di Dumai

Sementara untuk areal persawahan yang terendam banjir di Kuansing seluas 3.148 hektare.

Yakni di Kecamatan Kuantan Mudik 320 hektare, Gunung Toar 290 hektare, Kuantan Tengah 597 hektare, Pangean 1.151 hektare, Kuantan Hilir 243 hektare, Kuantan Hilir Seberang 536 hektare, Inuman 11 hektare dan Cerenti 1,5 hentare.

Banjir ini sudah terjadi sejak Sabtu (3/11) lalu karena tingginya curah hujan di daerah Hulu Sungai. Namun hingga Senin (5/11) masih terjadi meskipun sudah sedikit surut.

"Untuk sementara belum ada yang tinggal di pengungsian, karena mereka masih memilih bertahan dan sebagiannya pindah ke rumah keluarga mereka, "ujar Kadis Sosial Provinsi Riau Dahrius Husein kepada Tribunpekanbaru.com, Senin.

Dari 12 kecamatan yang terdampak banjir akibat meluapnya Sungai Kuantan tersebut terdata ada sebanyak 7.006 kepala keluarga (KK). Semuanya masih bertahan di rumah masing - masing dan keluarganya.

Baca: Riau Sudah Kumpulkan 16 Medali di Kejurnas Anggar 2018 Jakarta

Dinas sosial sendiri lanjut Dahrius sudah mengirimkan stok bantuan jauh-jauh hari ke daerah untuk persiapan menghadapi bencana terutama banjir yang selalu mengancam Riau.

Halaman
12
Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved