Tekno

Harga iPhone XS di Hongaria Paling Tinggi, Jepang Paling Murah

Apple Telah meluncurkan produk terbaru nya pada tanggal 12 September 2018 lalu yakni Iphone XS, Iphone XS Max dan Iphone XR

Harga iPhone XS di Hongaria Paling Tinggi, Jepang Paling Murah
youtube/JerryRigEverything
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Hendri Gusmulyadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Apple Telah meluncurkan produk terbaru nya pada tanggal 12 September 2018 lalu yakni Iphone XS, Iphone XS Max dan Iphone XR dengan kapasitas memori yang bervariasi.

Meski dengan harga yang terkenal fantastic untuk sebuah smartphone, namun iPhone masih saja tetap banyak peminatnya.

Baca: VIDEO: 3 Jam Setelah Pintu Pelimpah Waduk Koto Panjang Dibuka, Sungai Kampar Masih Normal

Portal diskon CupoNation Indonesia dalam keterangan tertulisnya, baru saja malakukan studi dengan membandingkan harga iPhone di 30 negara di dunia.

"Ada perbedaan yang signifikan mengenai harga resmi yang di tawarkan Apple di tiap negara. Penelitian ini kita lakukan mengambil daftar harga iPhone di 30 dari website resmi Apple dan kita konversikan ke mata uang Rupiah melalui Google Finance pada 2 Oktober 2018, kemudian pendapatan rata-rata bersih perbulan untuk setiap individu di ambil dari Numbeo," jelas PR and Comunications Manager CupoNation Indonesia, Olivia Adinda Putri baru-baru ini.

CupoNation melansir dari website resmi Apple, Amerika Serikat menjual iPhone XS dengan harga mulai dari U$D 999 atau setara dengan Rp. 15,1 juta. Namun Amerika Serikat bukan merupakan negara yang menjual iPhone XS dengan harga termurah.

Baca: 6 Kabar Terbaru Jatuhnya Pesawat Lion Air PK-LQP, Data Kotak Hitam FDR Sudah Diunduh

Empat negara di dunia lainnya yang menjual iPhone XS dengan harga termurah di antarnya Jepang 112.800 yen atau setara dengan Rp. 14,9 juta, Kanada 1.379 Canadian Dolar, atau setara dengan Rp. 16,2 juta, Hong Kong 8.599 Hong kong Dolar atau setara dengan Rp. 16,5 juta dan Uni Emirat Arab 4.229 Dirham atau setara dengan Rp. 17, 3 juta.

Selanjutnya, negara yang menjual iPhone dengan harga termahal yakni Hongaria dibandingkan 30 negara lainnya. Di Hongaria iPhone XS dijual dengan harga 43 persen atau Rp. 6,6 juta, atau dijual senilai Rp.21,5 juta. Lebih tinggi dari Jepang dan Amerika Serikat.

Diikuti Swedia Rp. 21,4 juta. Norwegia Rp. 21,1 juta, Denmark Rp.20,7 juta dan Italia Rp. 20,6 juta.

Baca: Peringatan Hari Pahlawan, Ini Cover Lagu Gugur Bunga Versi Hanin dan Charly, Suka yang Mana?

Jika melihat dari jumlah rata-rata pendapatan perkapita di masing-masing negara, studi CupoNation menunjukan negara yang menjual iPhone XS dengan harga paling terjangkau ialah Swiss, dimana harga sebuah iPhone XS hanya akan menghabiskan 24.53 persen dari total penghasilan perbulannya, Amerika Serikat berada di urutan kedua dimana harga sebuah iPhone menghabiskan setidaknya 33 persen dari gaji rata-rata perbulan.

Negara ketiga dengan harga iPhone paling terjangkau ialah Jepang, walaupun di indikasikan sebagai negara dengan harga iPhone termurah di dunia, untuk dapat membawa pulang sebuah iPhone XS, mereka harus rela menghabiskan 38,8 persen dari penghasilan perbulannya, Australia harus rela menghabiskan 38,64 persen dari total penghasilannya perbulan dan Uni Emirate Arab menghabiskan 38,63 persen dari jumlah total penghasilannya perbulan.

Baca: Bawaslu Minta Kepala Daerah Riau Pendukung Jokowi Disanksi, Ini Kata Timses Jokowi-Maruf Amin

Untuk di Indonesia, harga resmi iPhone XS masih belum dirilis oleh Apple.

Bila diprediksi, harga iPhone XS dengan melihat perbandingan harga resmi iPhone 8 di tahun 2017 dan iPhone 7 di tahun 2016, harga iPhone di Indonesia selalu Rp.1,3 juta - Rp 2,3 juta lebih tinggi dari harga yang dirilis di Singapura.

Dengan harga Resmi iPhone XS di Singapura yakni SGD 1649 atau setara dengan Rp. 17,999,000, naka dapat diprediksikan harga iPhone XS (64GB) di Indonesia akan berkisar antara Rp. 19,299,000 - Rp. 20,299,000. (*)

Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved