Berita Riau

Basarnas Ikut Pantau Bencana Banjir di Riau: Kami Siaga Jika Dibutuhkan

BPBD Riau, menyatakan saat ini sudah ada tiga Kabupaten di Riau yang sudah ditetapkan status tanggap darurat bencana banjir dan longsor.

Basarnas Ikut Pantau Bencana Banjir di Riau: Kami Siaga Jika Dibutuhkan
Tribunpekanbaru/byntonsimanungkalit
Banjir merendam Desa Kuantan Tenang, Kecamatan Rakit Kulim, Inhu. Sebanyak 39 desa di Inhu terendam banjir akibat luapan air Sungai Indragiri 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru: Rizky Armanda

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Dalam kurun waktu belakangan ini, bencana banjir melanda sejumlah daerah di Provinsi Riau.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, bahkan menyatakan saat ini sudah ada tiga Kabupaten di Riau yang sudah ditetapkan status tanggap darurat bencana banjir dan longsor.

Tiga Daerah tersebut yakni Rokan Hulu, Rokan Hilir dan Indragiri Hulu, sementara Pelalawan statusnya sudah siaga darurat banjir dan longsor.

Baca: BPJSTK Kanwil Sumbarriau Kembali Gelar Pasar Murah di 4 Titik Wilayah Kerja, Diskon hingga 50 Persen

Terkait hal ini, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Pekanbaru, juga ikut melakukan pemantauan.

Disampaikan Kepala Kantor SAR Pekanbaru Gede Darmada melalui Pejabat Humas Kukuh Widodo saat dikonfirmasi Tribun, Jumat (9/11/2018), pemantauan terus dilakukan selama 24 jam.

"Artinya kalau terjadi banjir, perlu adanya upaya evakuasi atau mengungsikan masyarakat, terlebih jika ada korban, secepatnya kita bergerak ke lokasi," sebut dia.

Kukuh menyatakan, pihaknya juga sudah bersiaga, jika sewaktu-waktu Basarnas dibutuhkan dalam penanganan bencana banjir ini.

"Memang sejauh ini belum ada permintaan evakuasi ke Basanas, tapi kita siaga 24 jam," ujarnya.

Baca: Ditres Narkoba Polda Riau Gelar Pertemuan dengan Polisi Diraja Malaysia, Bahas Soal Ini

Lebih jauh Kukuh mengatakan, penanganan pertama bencana, memang ada di BPBD. Namun jika diperlukan bantuan untuk evakuasi, BPBD akan langsung berkoordinasi dengan Basarnas.

"Koordinasi tetap kita lakukan. Kalau perlu evakuasi dan ada korban, kita akan langsung meluncur ke daerah tersebut. Sejauh ini kita juga belum menerima informasi ada korban jiwa," tandasnya. (*)

Penulis: Rizky Armanda
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved