Berita Riau

Runway Bandara SSK II 2600 M Resmi Dioperasionalkan Hari Ini, Gubri dan Pihak AP Sampaikan Harapan

Runway (landasan) Bandara SSK II Pekanbaru sepanjang 2600 meter, resmi dioperasionalkan mulai, Senin hari ini.

Runway Bandara SSK II 2600 M Resmi Dioperasionalkan Hari Ini, Gubri dan Pihak AP Sampaikan Harapan
Tribun Pekanbaru/Syafruddin Mirohi
Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasim didampingi GM Executive Bandara Angkasa Pura II Jaya Tahoma Sirait, Danlanud Pekanbaru Marsma Ronny Moningka, Kadishub Riau Taufik, perwakilan airline, perwakilan Polresta Pekanbaru, perwakilan Kajati Riau, serta mitra kerja lainnya, akan memotong tumpeng pertanda diresmikannya Runway Bandara SSK II 2600 meter, di Grha Aviasi Bandara SSK II Pekanbaru Senin (12/11/2018) hari ini. 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Syafruddin Mirohi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Runway (landasan) Bandara SSK II Pekanbaru sepanjang 2600 meter, resmi dioperasionalkan mulai, Senin (12/11/2018) hari ini.

Peresmiannya langsung dipimpin Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasim, di Grha Aviasi Bandara SSK II Pekanbaru.

Peresmian yang ditandai dengan pemotongan tumpeng tersebut, juga di dampingi GM Executive Bandara Angkasa Pura II Jaya Tahoma Sirait, Danlanud Pekanbaru Marsma Ronny Moningka, Kadishub Riau Taufik, perwakilan airline, perwakilan Polresta Pekanbaru, perwakilan Kajati Riau, serta mitra kerja lainnya.

Baca: Identitas Mayat di Bawah Jembatan Jondul Dokter yang Hilang? Anggota Keluarga Ungkap Ciri Ini

Sekadar diketahui, Bandara SSK II sebelumnya hanya memiliki panjang landasan 2240 meter. Dengan kebutuhan penerbangan, tahun 2015 lalu, dibangun penambahan runway hingga sepanjang 2600. Manajemen Angkasa Pura II (AP-II) Pekanbaru menargetkan, ideal panjang landasan Bandara SSK II ini 3000.

"Tapi itu rencana beberapa tahun ke depannya penambahan sekitar 400 meter lagi, sehingga 3000 meter," kata GM Executive AP II Pekanbaru Jaya Tahoma Sirait, usai peresmian.

Disampaikannya, dengan resmi dioperasikan hari ini (Senin), maka dipastikan menambah kepercayaan dan confident-nya para pilot yang mendarat di Pekanbaru.

Karena seperti diketahui sebelumnya, di Pekanbaru pernah terjadi pesawat tergelincir, terlebih saat musim hujan seperti sekarang.

Baca: Direncanakan 2020 Rohul Bakal Memiliki Taman Makam Pahlawan

Dengan perpanjangan runway sepanjang 2600 ini, tentunya dibarengi dengan fasilitas dan instrumen penunjang. Ini dilakukan semata-mata untuk memberi kepercayaan kepada pilot, serta meningkatkan keamanan dan kenyamanan jasa penerbangan.

"Memang (pembangunan) landasan itu, fisiknya sudah dibangun 3 tahun lalu (sejak 2015). Banyak kendala yang kami hadapi. Sampai bisa mengoperasikannya. Di antaranya kita harus membebaskan lahan panjangnya 360 x 50 meter, pemindahan peralatan navigasi, dan lainnya," papar Jaya.

Halaman
12
Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved