Berita Riau

Pemprov Jambi Belajar Kelola Participating Interest 10 Persen Migas ke Pemprov Riau

Rombongan Pemprov Jambi melakukan kunjungan ke Pemprov Riau untuk melakukan sharing informasi terkait keterlibatan daerah dalam Participa

Pemprov Jambi Belajar Kelola Participating Interest 10 Persen Migas ke Pemprov Riau
Istimewa
PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) mengadakan kegiatan edukasi pengenalan geologi, explorasi dan industri migas bagi siswa siswi dari delapan SMA di Pekanbaru, Minas dan Kandis. Kegiatan bertajuk Meet Chevron Engineer tersebut dilaksanakan pada 31 Oktober hingga 1 November 2018 di Stand CPI dalam gelaran acara Pertemuan Ilmiah Ikatan ke-47 Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Hotel Pangeran Pekanbaru. 

Jambi Belajar Kelola PI 10 Persen Migas ke Riau

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Rombongan Pemerintah Provinsi Jambi melakukan kunjungan ke Pemprov Riau untuk melakukan sharing informasi terkait keterlibatan daerah dalam Participating Interest (PI) 10 persen dalam pengelolaan Migas pada Selasa (13/11/2018).

Sebagaimana diketahui Riau sudah mulai merealisasikan PI 10 tersebut dalam pengelolaan Migas dengan melibatkan perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ada di Riau.

Baca: Lantik Ketua PKK Kecamatan, Misnarni Minta Tim Penggerak Aktif dalam Masyarakat

Baca: Sepeda Motor Pria Ini Dicuri Saat Tertidur Menunggu Hujan Reda

Rombongan yang dipimpin langsung Kepala Biro Perekonomian Dan SDA Setdaprov Jambi Muktamar Hamdi itu juga didampingi pihak BUMD setempat.

Mereka disambut Kepala Biro Perekonomian Dan SDA Riau Darusman yang juga didampingi sejumlah pejabat BUMD.

"Kita ingin belajar dan sharing bagaimana Riau merealisasikannya PI 10 Persen karena sekarang ini sudah ada yang berjalan yakni pengelolaan blok Siak, "ujar Muktamar Hamdi kepada Tribun.

Baca: Siaran Langsung TV One Semen Padang FC Siap Patahkan Rekor Kandang PS Mojokerto Putra

Baca: PT CDN Tertarik Jalin Kerjasama Event dengan Tribun Pekanbaru

Sebagai daerah penghasil migas juga lanjut Muktamar, tidak salah untuk belajar ke Riau, apalagi Riau selama ini dikenal sebagai daerah penghasil migas yang besar di tanah air.

"Harapan kami kedepan bisa kami pelajari apa yang ada di Riau. Kita yakin betul tidak salah belajar ke Riau yang sudah maju satu langkah. Kita juga berharap masukan dan pencerahan soal regulasi," jelas Muktamar.

Untuk diketahui lanjut Muktamar di Jambi sendiri ada 21 Blok Migas yang akan berakhir masa kontraknya pada 2020 hingga 2025 mendatang.

Baca: Polisi Periksa Kakak Kandung Salah Satu Korban Terkait Tewasnya Satu Keluarga di Bekasi

Baca: Dua Mahasiswi Cantik Asal Riau Ini Masuk sebagai Top Five Rookie Stars 2018

"Makanya termasuk kami juga mau tahu klasifikasi BUMD yang dibolehkan untuk ikut Kelola PI 10 Persen ini, karena di Riau sendiri memang BUMD nya 100 persen saham pemda dan bisnisnya hanya fokus Migas saja," ujar Muktamar.

Muktamar menambahkan tentunya dengan keterlibatan BUMD untuk Kelola PI 10 Persen ini nantinya akan menambah Pendapatan Daerah dari sektor Migas. (*)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved