Tekno

Ada Bug di Instagram, Bikin Password Terpampang di Link URL

Instagram mengirimkan pemberitahuan ke beberapa penggunanya bahwa password mereka kemungkinan telah diketahui pihak lain,

Ada Bug di Instagram, Bikin Password Terpampang di Link URL
pexel.com
Aplikasi Instagram 

TRIBUNPEKANBARU.COM -  Buat para pengguna Instagram diharap untuk berhati-hati dan waspada.

Instagram mengirimkan pemberitahuan ke beberapa penggunanya bahwa password mereka kemungkinan telah diketahui pihak lain, karena bug kemanan.

Menurut juru bicara Instagram, masalah ini hanya diketahui oleh kalangan internal Instagram saja, dan hanya sejumlah pengguna saja yang terdampak.

Bug yang mengekspos password pengguna, terdapat di fitur Unduhan Data (Download Your Data) yang dirilis Instagram April lalu.

Fitur ini dirilis untuk menyesuaikan peraturan General Data Protection Regulation (GDPR) yang diselenggarakan komisi Eropa.

Dengan fitur ini, pengguna bisa mengunduh semua konten yang pernah diunggah, termasuk foto, video, stories, dan pesan.

Baca: Update Whatsapp Ada Fitur Terbaru, Kini Bisa Nonton Video Youtube dan Instagram Tanpa Tutup Aplikasi

Baca: TIPS: Ini Cara Mudah Bikin Story Instagram Lebih dari 15 Detik, Yuk Dicoba

Menurut Instagram, beberapa pengguna yang mengunduh datanya melalui fitur tersebut, akan mendapati password akunnya termuat di dalam link URL peramban web mereka, saat membuka informasi data pengguna.

"Jika seseorang mengisi informasi log-in untuk menggunakan fitur Unduhan Data Instagram, mereka bisa melihat informasi password di URL halaman", jelas juru bicara Instagram.

Password tersebut tersimpan di server Facebook yang menginduki Instagram.

Menurut salah satu periset keamanan kepada The Information, kebocoran password hanya bisa terjadi jika Instagram menyimpan password dalam teks biasa (tidak dienkripsi), yang artinya bisa menjadi masalah kemanan lebih besar untuk perusahaan.

Halaman
12
Editor: Sesri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved