CPNS 2018

Kabar Gembira! Tak Penuhi Passing Grade, Peserta Bisa Lolos CPNS, Pemerintah Terapkan Sistem Ranking

Pemerintah menerapkan sistem ranking sebagai alternatif kriteria kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) peserta seleksi CPNS

Kabar Gembira! Tak Penuhi Passing Grade, Peserta Bisa Lolos CPNS, Pemerintah Terapkan Sistem Ranking
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Sejumlah peserta tes Computer Assisted Test (CAT) CPNS 2018 untuk posisi bidan di wilayah Pemerintahan Kota Pekanbaru mengikuti berbagai tahapan sebelum dimulainya ujian di Kantor Regional XII BKN Jalan Hangtuah Ujung, Senin (5/11/2018). (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

Laporan wartawan tribunpekanbaru.com Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Ada kabar gembira bagi peserta CPNS 2018 yang tidak memenuhi passing grade Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Sebab, Pemerintah menerapkan sistem ranking sebagai alternatif kriteria kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Angka kelulusan SKD dinilai sangat rendah karena banyak peserta yang tidak memenuhi passing grade atau batas nilai minimal.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin mengatakan, ia sudah menerbitkan Permen nomor 38 sebagai payung hukumnya. Dengan Permen ini, peserta yang tak memenuhi passing grade bisa tetap lolos lewat sistem ranking.

Baca: Ibu Hamil Harus Rajin Makan Ikan, Supaya Anak Tidak Mengalami Stunting

Baca: Hasil dan Klasemen Liga 2 2018, PSS Sleman dan Persita Tangerang Lolos Babak Semifinal Liga 2

Syafruddin mencontohkan, apabila sebuah lembaga membutuhkan 100 aparatur, maka di tes awal ini akan dilakukan pemeringkatan nilai tertinggi dari 1-300. Selanjutnya, 300 peserta itu akan mengikuti seleksi tahap berikutnya.

Menanggapi solusi itu tentunya angin surga bagi para calon yang sebelumnya tidak memenuhi passing grade karena masih ada harapan untuk diluluskan dengan sistem ranking tersebut.

"Syukurlah ada solusi ranking, mudah-mudahan nama saya masuk. Karena kemarin hasilnya juga hanya kurang nilai sedikit di Tes Karakteristik Pribadi (TKP), "ujar Yanti kepada Tribun Rabu (21/11).

Menurut Yanti sebelumnya Ia sempat sudah tidak mau memikirkan lagi terkait seleksi CPNS, meskipun sempat kesal awalnya karena tidak lulus passing grade. Namun dengan adanya pemberitahuan dari Pemerintah pusat tersebut baginya memberi semangat kembali.

"Ya kalau yang kemarin itu passing grade nya kan cukup tinggi, intinya saya masih berharap kembali karena ada peluang lagi datang, "ujar Yanti yang melamar di CPNS Pemprov Riau tersebut.

Sebagaimana diketahui di Pemprov Riau sendiri dari jumlah peserta 8.961 peserta yang lulus administrasi dan mengikuti ujian hanya yang memenuhi passing grade 254 orang.

Halaman
123
Editor: Muhammad Ridho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved