Berita Riau

Pusat Terapkan Sistem Ranking, Peserta CPNS di Riau yang Tidak Lulus: Syukurlah Masih Ada Harapan

Pemerintah menerapkan sistem ranking sebagai alternatif kriteria kelulusan SKD peserta seleksi CPNS.

Pusat Terapkan Sistem Ranking, Peserta CPNS di Riau yang Tidak Lulus: Syukurlah Masih Ada Harapan
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
Para peserta SKD CPNS Kabupaten Rokan Hilir jalani CAT hari pertama di Aula STIA Lancang Kuning, Kota Dumai, Rabu (7/11/2018). 

Laporan wartawan tribunpekanbaru.com Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pemerintah menerapkan sistem ranking sebagai alternatif kriteria kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Angka kelulusan SKD dinilai sangat rendah karena banyak peserta yang tidak memenuhi passing grade atau batas nilai minimal.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin mengatakan, ia sudah menerbitkan Permen nomor 38 sebagai payung hukumnya. Dengan Permen ini, peserta yang tak memenuhi passing grade bisa tetap lolos lewat sistem ranking.

Baca: Hari Pohon Sedunia 2018, Cara Agar Pohon Pepaya Tumbuh Pendek Tapi Berbuah Lebat

Syafruddin mencontohkan, apabila sebuah lembaga membutuhkan 100 aparatur, maka di tes awal ini akan dilakukan pemeringkatan nilai tertinggi dari 1-300. Selanjutnya, 300 peserta itu akan mengikuti seleksi tahap berikutnya.

Menanggapi solusi itu tentunya angin surga bagi para calon yang sebelumnya tidak memenuhi passing grade karena masih ada harapan untuk diluluskan dengan sistem ranking tersebut.

"Syukurlah ada solusi ranking, mudah-mudahan nama saya masuk. Karena kemarin hasilnya juga hanya kurang nilai sedikit di Tes Karakteristik Pribadi (TKP), "ujar Yanti kepada Tribun Rabu (21/11).

Menurut Yanti sebelumnya Ia sempat sudah tidak mau memikirkan lagi terkait seleksi CPNS, meskipun sempat kesal awalnya karena tidak lulus passing grade. Namun dengan adanya pemberitahuan dari Pemerintah pusat tersebut baginya memberi semangat kembali.

"Ya kalau yang kemarin itu passing grade nya kan cukup tinggi, intinya saya masih berharap kembali karena ada peluang lagi datang, "ujar Yanti yang melamar di CPNS Pemprov Riau tersebut.

Baca: BKD Kepulauan Meranti Sebut Sistem Ranking Solusi Terbaik Bagi Peserta Passing Grade Murni

Sebagaimana diketahui di Pemprov Riau sendiri dari jumlah peserta 8.961 peserta yang lulus administrasi dan mengikuti ujian hanya yang memenuhi passing grade 254 orang.

Memang diakui Yanti masih banyak saingan lain yang tentunya juga memiliki nilai yang bagus, maka untuk itu Ia juga berharap agar sistem rangking nilai yang dilakukan Panselnas harus terbuka, jangan sampai ada celah untuk bisa bermain.

Halaman
12
Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved