Rohul

Video : PN Pasirpengaraian Gelar Sosialisasi  Layanan e-Court‎ Kepada Advokat

Pengadilam Negeri (PN) Pasirpangaraian Sosialisasikan e- Court ( e-Filling, e-summon, dan e-payment), administrasi perkara di pengadilaN

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny Kusuma Putra

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN- Pengadilam Negeri (PN) Pasirpangaraian Sosialisasikan e- Court ( e-Filling, e-summon, dan e-payment), administrasi perkara di pengadilan secara elektronik, ‎bersama seluruh advokad di wilayah hukum pengadilan Pasirpangaraian.

Dimana, dalam sosialisasi e-court ini langsung dibuka oleh ketua PN Pasirpangaraian, Sarudi, SH, didampingi Wakil Ketua, Sunoto, serta terlihat hadir Kepala Cabang BRI Pasirpangaraian, Yosef, dan ‎para Advokad di Rohul, di kantor PN Pasirpangaraian, selasa (27/11/2018).

Ketua PN Pasirpangaraian, Sarudi mengungkapkan, Pengadilan Negeri Pasirpengaraian telah menerapkan layanan aplikasi e-Court  secara online terhitung 9 November lalu, dan menjadi PN kedua yang telah menerapkan ‎aplikasi e-Court setelah PN Pekanbaru.

Baca: VIDEO : Youtuber Asal India Ini Ungkap Fisik dan Spek Asus Zenfone Max Pro M2 yang Sesungguhnya

‎Ia menambahakan, penerapan Aplikasi administrasi perkara berbasis online ini merupakan implementasi Peraturan Mahkamah Agung No 3 Tahun 2018 tentang Pedoman Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik.

‎Dijelaskanya, dengan adanya aplikasi e-Court, tenrunya akan  lebih memudahkan untuk mendaftarkan perkara di Pengadilan Negeri Pasirpengaraian secara online, perkara akan teregistrasi dan tinggal menunggu jadwal persidangan.

Sarudi menjelaskan, penerapan aplikasi E-court secara online, dapat mencegah praktik pungutan liar (pungli) di PN Pasirpengaraian. Sebab, dengan pemberlakuan sistem tersebut, mampu meminimalisasi terjadinya pertemuan antara pendaftar dengan pihak PN.

Baca: Video : Ruas Jalan Sudirman Berlubang dan Bergelombang

"Aplikasi e-Court ini, memberikan kemudahan bagi pihak berperkara yang akan mendaftarkan gugatannya di Pengadilan. Mereka (pihak berperkara/penggugat) bisa daftar secara online, tanpa harus datang ke PN Pasirpengaraian," katanya.

Sarudi menjelaskan, dalam aplikasi e-court, diatur mulai dari pengguna layanan administrasi perkara, pendaftaran administrasi perkara, pemanggilan para pihak, penerbitan salinan putusan, dan tata kelola administrasi, pembayaran biaya perkara yang seluruhnya dilakukan secara elektronik/online saat mengajukan permohonan/gugatan perkara perdata, agama, tata usaha negara yang berlaku di masing-masing lingkungan peradilan.

"Jadi bagi yang berada di luar daerah, pengacara tidak perlu lagi datang ke PN Pasirpengaraian untuk mendaftarkan pengajuan gugatan. Bisa melalui Aplikasi e-court yang terakses langsung dengan Mahkamah Agung (MA). Penerapan ini dikhususkan bagi para pengacara atau advokat," jelasnya.

Baca: Video : 406 Nelayan di Kampar Terima Bantuan Mesin Gas, Perahu Hemat 50 Persen

Halaman
12
Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Aan Ramdani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved