Berita Riau

VIDEO: 7 Ekor Burung Merak yang Diamankan di BBKSDA Riau Diperiksa Kesehatannya

Sebanyak 7 ekor burung merak terdiri dari 3 ekor jantan dan 4 ekor betina diperiksa kesehatannya secara intensif

Laporan Theo Rizky

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sebanyak 7 ekor burung merak (Pavo Sp) terdiri dari 3 ekor jantan dan 4 ekor betina diperiksa kesehatannya secara intensif di Klinik Transit Satwa Balai Besar KSDA Riau, Rabu (28/11/2018).

Pemeriksaan medis tersebut dilakukan untuk memastikan hewan unggas itu sehat dan dipastikan tidak membawa penyakit menular.

Awalnya burung itu diberikan vitamin, antibiotik, obat cacing dan dibersihkan dari parasit, karena berdasarkan pemeriksaan banyak terdapat kutu.

Selain itu, merak tersebut juga diinfus karena kemungkinan dalam perjalanan mengalami dehidrasi.

Baca: Burung Merak dari Malaysia yang Diamankan BBKSDA Riau Terpaksa Diinfus, Ini Penyebabnya

Sedangkan dua ekor burung merak matanya sakit dan berair.

Disampaikan Kepala Bidang Wilayah I BBKSDA Riau, Mulyo Hutomo, awalnya burung merak ini diketahui dibawa oleh salah seorang warga yang biasa mengirim kopra ke Malaysia.

"Waktu pulang ke Inhil, dia beli ayam bangkok dan merak ini. Ketika masuk ke wilayah kita, Bea Cukai menemukan adanya satwa unggas ini, Bea Cukai menghubungi Balai Karantina yang meneruskan ke kita," kata Hutomo.

Baca: FOTO : Pemeriksaan Burung Merak di BBKSDA Riau

Diberitakan sebelumnya, penyerahan satwa liar 7 ekor Burung Merak (Pavo sp), terdiri dari 5 ekor dewasa dan 2 anakan dari Balai Karantina Kelas I Pekanbaru, Wilayah Kerja Sungai Guntung dilakukan di Sungai Guntung, Kec Kateman, Kab Indragiri Hilir pada hari Minggu (25/11/2018)

Tim Rescue Balai Besar KSDA Riau berjumlah tiga orang, dipimpin oleh Kepala Resort Pekan Heran, Zulkifli menerima penyerahan satwa liar berupa Burung Merak sebanyak 7 ekor terdiri dari 5 ekor dewasa dan 2 ekor anakan.

Pukul 14.30 wib, Tim berangkat dari pelabuhan Sungai Guntung, Kecamatan Keteman menuju Tembilahan dengan menggunakan kendaraan air Spedboad menempuh perjalanan kurang lebih 3,5 jam.

Pukul 19.00 wib Tim melanjutkan perjalanan menuju kantor Bidang Wilayah I Rengat dan tiba pada pukul 22.00 wib.

Baca: Peserta Lelang Kendaraan Bekas Pemko Pekanbaru Marah-Marah, Tidak Bisa Login di Website Lelang

Tim langsung memindahkan burung Merak dari kardus ke kandang kerangkeng yg sudah dipersiapkan oleh pendamping Resort Pekan Heran.

Senin (26/112018) Tim bersama anggota Balai Karantina Sungai Guntung mengantarkan ketujuh Burung Merak tersebut ke kandang transit satwa Balai Besar KSDA Riau.

Sebelumnya burung tersebut terlebih dahulu di periksa di Balai Karantina Wilayah I Pekanbaru untuk diambil sampel darah, air liur dan dicek kesehatannya.

Secara fisik ketujuh satwa tersebut dalam kondisi baik.

Penulis: TheoRizky
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved