Kronologi dan Detik-Detik Penangkapan Harimau Bonbin Mangkang

Inilah detik-detik penangkapan harimau Bonbin mangkang yang lepas dari kandang. BBKSDA juga ungkap kronologinya

Kronologi dan Detik-Detik Penangkapan Harimau Bonbin Mangkang
BBKSDA Jateng
Penanganan harimau di kebun binatang (bonbin) yang lepas dari kandang, Rabu (5/12/2018). 

TRIBUNPEKANBARU.COM- Dua harimau yang lepas dari kandang di kebun binatang (bonbin) atau Taman Marga Satwa Mangkang yang sekarang menjadi Semarang Zoo, Rabu (5/12/2018), berhasil diringkus oleh petugas dengan bius.

Sejumlah pihak yakni Dirut Bonbin Samsul dan stafnya, 5 personel dari Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA), petugas kepolisian dari Polsek Ngaliyan, turut serta dalam penangananya.

Kepala BKSDA Jateng, Suharman menjelaskan kronologi lepasnya dua harimau tersebut. Awalnya, pukul 08.38 wib BKSDA mendapat telpon dari petugas Bonbin Mangkang bahwa koleksi harimau benggalanya yakni dua ekor jantan dan betina terlepas dari kandangnya.

"Yang bersangkutan meminta bantuan untuk penanganan satwa dan penggunaan senapan bius BKSDA Jateng," kata Suharman.

Mendapat informasi tersebut, petugas dari BKSDA langsung menuju Bonbin Mangkang dengan membawa peralatan bius.

"Sekitar pukul 09.00 WIB, setelah kami sampai di bonbin telah siap personel Polsek Tugu, dan bonbin telah ditutup/steril untuk pengunjung," katanya.

Kemudian, personel BKSDA, POlsek Tugu, dan Bonbin Mangkang berkoordinasi untuk upaya penanganan satwa harimau yang lepas.

Proses penanganan harimau di kebun binatang (bonbin) yang  lepas dari kandang, Rabu (5/12/2018).
Proses penanganan harimau di kebun binatang (bonbin) yang lepas dari kandang, Rabu (5/12/2018). (BKSDA Jateng)

Tidak berselang lama, lanjutnya, tim mendapat kabar dari pawang bahwa harimau benggala jantan telah masuk kandang. Sedangkan yang betina belum ditemukan keberadaannya.

 

"Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan harimau berada di dalam gorong-gorong jembatan di komplek bonbin," ujarnya.

Tim kemudian mempersiapkan rencana penutupan lubang gorong-gorong dimaksud dengan memanfaatkan bekas pintu besi.

Pada saat percobaan pertama, kedua lubang gorong-gorong berhasil ditutup tetapi harimau berhasil menerjang keluar, diduga karena ram besi terlalu kecil.

"Setelah menunggu sejenak dan harimau masuk gorong-gorong lagi, tim memanfaatkan bekas pintu besi lain untuk menutup gorong-gorong dimaksud," ungkap Suharman.

Selanjutnya, setelah berhasil menjebak harimau dengan menutup kembali dua lubang gorong-gorong tersebut, petugas BKSDA membius satwa dengan tulup (tiga kali tembakan namun hanya dua yang kena).

"Dan akhirnya setelah obat bius bekerja dan satwa tertidur selanjutnya ditandu dan dikembalikan ke kandang satwa," jelas Suharman.

Berikut video detik-detik petugas berhasil meringkus dua harimau di kebun binatang (bonbin) atau Taman Marga Satwa Mangkang yang sekarang menjadi Semarang Zoo, lepas dari kandang, Rabu (5/12/2018)

Editor: Budi Rahmat
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved