Pekanbaru

441 Orang Terima Manfaat Program Pengembangan Keterampilan Tenaga Kerja PT CPI

Pelatihan yang rencananya bakal berlangsung hingga Agustus 2019 nanti itu, menggandeng beberapa mitra sebagai pelaksana.

441 Orang Terima Manfaat Program Pengembangan Keterampilan Tenaga Kerja PT CPI
tribunpekanbaru/hendrigusmulyadi
GM PGPA Assets PT CPI, Sukamto Tamrin memberikan sambutannya pada acara peluncuran Program Pengembangan Keterampilan Tenaga Kerja (Workforce Development Program), di Gedung Serbaguna Politeknik Caltex Riau (PCR), Rabu (12/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru Hendri Gusmulyadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam pengembangan kapasitas tenaga kerja dan wirausahawan melalui pelatihan dan sertifikasi, PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) meluncurkan Program Pengembangan Keterampilan Tenaga Kerja (Workforce Development Program), di Gedung Serbaguna Politeknik Caltex Riau (PCR), Rabu (12/12/2018).

Total 441 orang menjadi penerima manfaat Workforce Development Program dari PT CPI ini.

Berasal dari tujuh wilayah operasi perusahaan yakni Bengkalis, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Siak, Kampar, Kota Pekanbaru, dan Kota Dumai.

Pelatihan yang rencananya bakal berlangsung hingga Agustus 2019 nanti itu, menggandeng beberapa mitra sebagai pelaksana.

Yakni Politeknik Caltex Riau dan Institut Kemandirian Dompet Dhuafa.

Baca: Dirjen Kekayaan Negara Pertimbangkan Permohonan Hibah Pemko Dumai Terhadap 8 Lokasi Tanah CPI

Baca: Mahasiswa PCR Raih Juara 1 Lomba Cipta Kepastian PEDP Dirjen PKK Kemenristek Dikti

Keduanya bakal bekerja sama dengan instansi pemerintah terkait, diantarannya Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Pendidikan tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota di Riau.

GM PGPA Assets PT CPI, Sukamto Tamrin dalam sambutannya mengungkapkan, Workforce Development Program dalam pelaksanaannya dibagi menjadi dua begian yang diantaranya yakni Pelatihan dan Sertifikasi Operator Alat Berat dan Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja (AK3) Umum, serta yang kedua Program Pelatihan Kejuruan dan Wirausaha untuk bidang desain tata busana, pengolahan pangan, komputer, bengkel motor, dan pengelasan.

"Melalui program pelatihan dan sertifikasi ini, kami mengharapkan peserta memiliki peluang yang lebih besar untuk menembus pasar kerja dan kemampuan bersaing yang lebih tinggi dalam berwirausaha," jelas Sukamto.

Ia mengaku, program kemitraan tersebut akan sangat berkontribusi di dalam peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) lokal. .

Juga bermanfaat dalam jangka panjang bagi masyarakat di Provinsi Riau.

Baca: BREAKING NEWS: Misteri Mayat di Perairan Bengkalis Terungkap, Polres Bengkalis Tahan 2 Tersangka

Baca: Skandal Panas dengan Fans Cantiknya Terbongkar, Ini 5 Fakta Tentang Youtuber Skinnyfabs

"Melalui program ini kami ingin mendorong kemandirian dan peluang kewirausahaan  masyarakat," ujar Sukamto.

"Program ini juga bagian dari program investasi sosial PT CPI di bidang pemberdayaan ekonomi, di samping program Kesehatan, Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan, serta Lingkungan dan Keanekaragaman Hayati yang selama ini sudah kami galakkan," terangnya.

Lanjut Sukamto, PT CPI telah berkontribusi dalam peningkatan peluang dan kualitas lapangan kerja serta bermanfaat bagi masyarakat setempat melalui program investasi sosial sejak 90 tahun beroperasinya perusahaan. (*)

Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved