Pekan Life

Buka 24 Jam, Ada 5 Puskesmas Rawat Inap di Pekanbaru, Namun Baru 3 yang Terakreditasi

5 Puskesmas rawat inap baru 3 diantaranya yang sudah terakreditasi yakni Puskesmas Pekanbaru Kota, Puskesmas Simpang Tiga, dan Puskesmas Sidomulyo

Buka 24 Jam, Ada 5 Puskesmas Rawat Inap di Pekanbaru, Namun Baru 3 yang Terakreditasi
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Sejumlah calon jemaah haji memeriksakan kesehatannya di Puskesmas Rawat Inap Simpang Tiga Pekanbaru, Kamis (3/5/2018). Pemeriksaan kesehatan dan penyuntikan Vaksin Meningitis ini dilakukan kepada seluruh calon jemaah haji agar para jemaah dapat terhindar dari resiko terpapar bakteri dan virus berbahaya saat menunaikan ibadah haji. (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

Laporan wartawan tribunpekanbaru.com, Johannes Wowor Tanjung

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Ada 21 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang berada di bawah naungan Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru untuk melayani kebutuhan dan persoalan kesehatan masyarakat.

Menurut Sekretaris Diskes Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy, kelima Puskesmas itu buka selama 24 jam melayani masyarakat yang hendak berobat dan menerima pasien yang ingin menjalani rawat inap.

Adapun kelima Puskesmas itu diantaranya Puskesmas Karya Wanita, Puskesmas Pekanbaru Kota, Puskesmas Sidomulyo, Puskesmas Simpang Tiga, dan puskesmas Muara Fajar.

Baca: Diskes Pekanbaru Ajukan Akreditasi Delapan Puskesmas Tahun ini

"Memang belum semua terakreditasi. Kita mengajukannya bertahap bersamaan dengan puskesmas rawat jalan," ungkap Zaini Rizaldy, kepada tribunpekanbaru.com, Rabu (12/12/2018).

Dijelaskannya, dari 5 Puskesmas rawat inap baru 3 diantaranya yang sudah terakreditasi yakni Puskesmas Pekanbaru Kota, Puskesmas Simpang Tiga, dan Puskesmas Sidomulyo.

Akreditasi didapatkan ketiga fasilitas kesehatan milik pemerintah ini pada tahun 2017 lalu bersama dengan lima puskesmas rawat inap lainnya.

Baca: Imunisasi MR Masih Dilaksanakan di Puskesmas, Masyarakat Belum Imunisasi Masih Ada Kesempatan

Sedangkan tahun ini ada delapan Puskesmas yang diusulkan untuk diakreditasi oleh Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Satu diantaranya Puskesmas rawat inap karya Wanita.

Tim surveyor sudah turun ke lapangan untuk melakukan penilaian dan Diskes tinggal menunggu hasilnya saja.

"Kalau Puskesmas rawat inap Muara Fajar kita usulkan tahun depan bersama empat puskesmas rawat jalan. Sisanya memang lima puskesmas lagi yang belum terakreditas," tandasnya.(*)

Penulis: johanes
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved