Berita Riau

Besok Sidang Perdana, IDI Minta 3 Dokter RSUD Tersangka Dugaan Korupsi Alkes Jadi Tahanan Kota

Pihak pengurus IDI Pusat dan juga IDI Riau sepakat untuk menyampaikan tiga permohonan untuk Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru.

Besok Sidang Perdana, IDI Minta 3 Dokter RSUD Tersangka Dugaan Korupsi Alkes Jadi Tahanan Kota
tribunpekanbaru/theorizky
Sejumlah dokter dari berbagai organisasi menggelar aksi solidaritas di Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru, Selasa (27/11/2018). Para dokter tersebut menuntut agar tiga rekan mereka yang tersandung kasus korupsi pengadaan barang di RSUD Arifin Achmad tidak ditahan pihak Kejari Pekanbaru. 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Syaiful Misgiono

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Berbagai upaya dilakukan oleh pihak Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pusat maupun Provinsi Riau agar bisa meringankan beban hukuman ketiga sejawatnya yang bermasalah hukum dan ditahan saat ini.

Pihak pengurus IDI Pusat dan juga IDI Riau sepakat untuk menyampaikan tiga permohonan untuk Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru.

"Kami sepakat untuk yang hadir disini mengajukan permohonan pengalihan penahanan kepada majelis hakim untuk menjadikan ketiga dokter tersebut menjadi tahanan kota," kata dr Daeng M Faqih SH MH selaku Ketua Umum Pengurus Besar IDI Pusat, saat konferensi pers di salah satu rumah makan di Pekanbaru, Senin (17/12).

Baca: 9 Jaksa Penuntut Umum akan Mendakwa Tiga Orang Dokter BLUD RSUD Arifin Achmad di PN Pekanbaru

Daeng menambahkan, menurutnya jika permohonan mereka perihal pengalihan penahanan, akan berdampak buruk kepada kesehatan masyarakat dan juga akan berdampak buruknya pelayanan rumah sakit tempat mereka bertugas.

"Karena teman kami ini, Dokter dengan jenis spesialis yang sangat langka. dan yang kami ketahui Rumah Sakit di tempat teman kami bekerja akan bermasalah. Karena antrian pasien sangat panjang. Dan RSUD Arifin Achmad rujukan terakhir yang ada di Riau, kita kasihan dengan pasien karena nanti akan berobat kemana lagi," tegasnya.

Selain berprofesi sebagai dokter, ketiga dokter yang dijadwalkan besok akan memasuki tahap sidang perdana ini juga berprofesi sebagai dosen.

"Dan mereka ini adalah pengajar, kami berharap jika menjadi tahanan kota nanti mereka akan tetap bisa mencerdaskan anak bangsa," ujarnya.

Baca: Tiga Dokter RSUD Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Alkes Akan Jalani Sidang Perdana Selasa Besok

Selain menyepakati permohonan tersebut, IDI dan PDGI juga akan melakukan doa bersama, "Kami sepakat IDI dan PDGI dan seluruh komunitas dokter di Indonesia untuk melakukan tafakur dan doa bersama untuk tegaknya keadilan, dan besok menjadi agenda sidang pertama," ulasnya.

"Kami meminta untuk Dokter-dokter mendoakan teman-teman yang sedang dalam permasalahan hukum agar diberikan kesabaran dan ketabahan. Kami merasa sangat sedih dan prihatin, kami tau teman sejawat kami ini terkena kasus hukum ketika berjuang memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat," ucap dia.

Halaman
12
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved