Breaking News:

Indragiri Hulu

Inhu Tak Kunjung Tetapkan UMK, Seluruh Daerah Sudah Tuntas

Kadisnakertrans Riau Rasidin Siregar menjelaskan saat ini tinggal Kabupaten Indragiri Hulu yang belum menetapkan UMK.

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: Ariestia
.
ILUSTRASI 

Laporan wartawan tribunpekanbaru.com Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi (Disnakertrans) Provinsi Riau Rasidin Siregar menjelaskan saat ini tinggal Kabupaten Indragiri Hulu yang belum menetapkan Upah Minimum Kabupaten (UMK).

Sedangkan 11 kabupaten/kota lainnya di Riau, sudah menetapkan sejak jauh-jauh hari.

Menurut Rasidin persoalannya disebabkan karena belum adanya kesepakatan Dewan Pengupahan setempat. Ada perbedaan persepsi soal nilai UMK Inhu.

"Inhu belum (menetapkan UMK) sampai sekarang, " ujar Rasidin Siregar, Jumat (28/12/2018).

Baca: Surat Perintah Teguran untuk 10 Kepala Daerah di Riau Ditanggapi Dingin Kubu Prabowo

Sebagai perpanjangan tangan pusat di daerah, Pemerintah Provinsi Riau melalui Disnaker juga kata Rasidin, sudah mengingatkan Kepala Disnakertrans Inhu terkait untuk tidak membiarkan berlarut - larut.

"Namun belum ada juga perkembangan. Hal ini bukanlah persoalan yang harus berlarut-larut. Saya kan sudah ingatkan kepala dinasnya," ujarnya.

Seharusnya kata Rasidin, jika tidak ada kesepakatan antara Dewan Pengupahan, mestinya pemerintah setempat harus berinisiatif untuk mengadakan rapat voting. Kuncinya ada pada pemerintah setempat, apalagi sudah ada dasar penetapan UMK.

"Sebenarnya ini tak sulit. Mereka adakan rapat dengan Dewan Pengupahan. Kalau tidak juga tuntas, ambil saja voting. Voting itu pasti ada yang menang, kam sudah ada dasar penetapan upah, " jelas Rasidin.

Baca: Jumlah Penumpang di Bandara SSK II Pekanbaru Turun 26 Persen Dibanding Periode Sama Tahun Lalu

Secara aturannya pada Januari sudah selesai penetapan UMK dan mulai diterapkan. Oleh karena itu, Rasidin memberi waktu kepada Pemkab Inhu hingga Januari untuk menetapkan UMK.

Jika tak juga ditetapkan, maka UMK Inhu 2019 harus kembali ke UMK 2018.

"Saya beri waktu sampai Januari. Kalau tidak ditetapkannya, UMK 2018 yang akan kembali diberlakukan. Yang rugi siapa kan pekerja, "ujar Rasidin. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved