Breaking News:

Citizen Report

PROFESOR Naohiro Hohashi dari Jepang Berikan Kuliah Umum di Fakultas Keperawatan UNRI

Profesor Naohiro Hohashi dari Jepang berikan kuliah umum tentang keperawatan di Fakultas Keperawatan Universitas Riau (UNRI)

Editor: Nolpitos Hendri
Tribun Pekanbaru/Istimewa/Abrar
PROFESOR Naohiro Hohashi dari Jepang Berikan Kuliah Umum di Fakultas Keperawatan UNRI 

PROFESOR Naohiro Hohashi dari Jepang Berikan Kuliah Umum di Fakultas Keperawatan UNRI

Citizen Journalism Oleh Abrar Asisten Dosen Fakultas Keperawatan UNRI

TRIBUNPEKANBARU.COM, CITIZENJOURNALISM - Profesor Naohiro Hohashi dari Jepang berikan kuliah umum tentang keperawatan di Fakultas Keperawatan Universitas Riau (UNRI) pada Sabtu (29/12/2018).

Profesor Naohiro Hohashi memberikan kuliah umum kepada tim dosen keperawatan komunitas beserta mahasiswa praktik profesi Fakultas Keperawatan UNRI.

Baca: TOTAL Korban Meninggal Tsunami Banten dan Lampung Selatan 431 Orang, Terbanyak di Pandeglang

Baca: TINGGI Gunung Anak Krakatau Berkurang 228 Meter, Jumlah Korban Bertambah, Terbanyak di Pandeglang

Agenda ini dilaksanakan sebagai kunjungan Prof Naohiro Hohashi dalam rangka Memoradum of Understanding (MOU) kerjasama antara Kobe University dan Fakultas Keperawatan Universitas Riau.

Agenda kunjungan dan seminar ini dilaksanakan selama 10 hari dimulai pada tanggal 28 Desember 2018 hingga puncaknya pada tanggal 6 Januari 2019. 

Pada kunjungan kali ini Naohiro-sensei (Naohiro Hohashi, Prof., PhD, RN, PHN, FAAN) beserta tim dosen keperawatan komunitas FKp UNRI melakukan kunjungan rumah dalam rangka melihat kinerja mahasiswa praktik lapangan di wilayah kerja Puskesmas Sail.

Sebelum  melakukan kunjungan rumah Prof. Naohiro berdiskusi dan memberikan sedikit gambaran mengenai pelaksanaan pemberian pelayanan keperawatan keluarga di Jepang kepada mahasiswa praktik profesi.

Dalam kunjungan keluarga binaan, Prof. Naohiro mengatakan bahwa FKp UNRI sangat mampu mendidik mahasiswanya dengan baik, hal ini dibuktikan dengan kehadiran mahasiswa yang sangat ditunggu keluarga saat akan memberikan asuhan keperawatan.

Selain itu, Prof. Naohiro juga mengapresiasi terhadap pemberian asuhan keperawatan keluarga yang diberikan oleh salah satu mahasiswa “mahasiswa UNRI sangat terampil sekali dalam memberikan Pendidikan kesehatan dan asuhan keperawatan keluarga” begitu ucapnya.

Mahasiswa praktik profesi keperawatan komunitas sangat senang sekali dengan adanya kunjungan dari Prof Naohiro tersebut.

Baca: KENANGAN Ustaz Abdul Somad dengan Alm Bupati Kampar Azis Zaenal, Kata-katanya Tajam, Orang Tersenyum

Baca: BKN Tegaskan Pemberkasan CPNS 2018 Tanggal 31 Desember Hanya untuk CPNS Instansi Vertikal

Selain kunjungan rumah, dalam agendanya Prof Naohiro juga melakukan seminar berupa kuliah umu yang dilaksanakan di Gedung FKp UNRI.

Dalam seminarnya Prof Naohiro menjelaskan mengenai konsep keperawatan keluarga dan teori yang dia buat terhadap Family Center Nursing “keluarga berperan dalam proses sehat secara holistik”.

Seminar yang diberikan sangat diapresiasi oleh mahasiswa FKp UNRI, dan saat akhir seminar ia berpendapat bahwa “saya sangat senang bisa memberikan materi seminar kepada mahasiwa keperawatan disini, mereka sangat aktif, antusias dan mampu menerima apa yang saya sampaikan, dibuktikan dengan banyaknya mahasiwa yang bertanya saat dilakukannya seminar”.

Informasi yang juga diberikan Prof Naohiro ditengah seminar adalah berupa kesempatan untuk mengikuti program summer course dan exchange yang akan diadakan menjelang tahun 2020.

Harapan mahasiswa terhadap kegiatan ini adalah agar kerjasama antara Kobe University dan FKp UNRI dapat terus terjalin dengan baik.

Kegiatan ini menjadi batu loncatan kepada mahasiswa untuk terus melatih kemampuan akademik terutama dalam berbahasa asing. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved