Info Cuaca

Bibit Siklon Terpantau di Utara Indonesia, Riau Berpotensi Angin Kencang Pekan Pertama 2019

BMKG mengidentifikasi bibit siklon tropis di Teluk Carpentaria Australia atau sebelah selatan Papua dan di Samudra Hindia atau sebelah selatan Jawa

Bibit Siklon Terpantau di Utara Indonesia, Riau Berpotensi Angin Kencang Pekan Pertama 2019
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Warga berteduh di Halte Bus Trans Metro Pekanbaru, Jalan Sudirman Pekanbaru agar terhindar dari hujan deras, Selasa (23/10/2018). Awal 2019 ini Bibit Siklon Terpantau di Utara Indonesia, Riau Berpotensi Angin Kencang Pekan Pertama 2019 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Riau dan sejumlah daerah lainnya di Indonesia harus waspada awal tahun 2019 ini. 

Mengawali 2019 ini, cuaca seperti angin kencang dan hujan deras berpotensi besar terjadi di Riau.

Selain wilayah Riau dan sekitarnya, cuaca yang kurang bersahabat ini juga sampai ke Pulau Jawa, Kalimantan hingga Maluku. 

Badan Meteorologi, Kilmatologi, dan Geofisika ( BMKG) mengimbau masyarakat di sejumlah daerah di Indonesia berhati-hati terhadap potensi hujan deras, angin kencang, serta gelombang tinggi di sejumlah perairan selama periode 1-6 Januari 2019.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R Prabowo dalam keterangan resminya, Senin (31/12/2018) mengatakan, berdasarkan analisis kondisi atmosfer pukul 07.00 WIB, teridentifikasi adanya peningkatan tekanan udara di dataran Asia.

Terpantau juga bibit siklon di sebelah utara Indonesia, tepatnya di Laut China Selatan.

Baca: Namanya Cantik Akibatnya Dahsyat, 5 Fakta Unik Siklon Tropis Indonesia, No 4 Jawab Penasaran

Baca: Riau Potensi Angin Kencang, Ini Wilayah Rawan Hujan Deras hingga Gelombang Tinggi Awal 2019

BMKG juga mengidentifikasi adanya bibit siklon tropis di Teluk Carpentaria di Australia atau sebelah selatan Papua dan di Samudra Hindia atau sebelah selatan Jawa.

Dari ketiga bibit siklon yang ada di sekitar Indonesia, bibit siklon yang berada di Teluk Carpentaria dengan kecepatan angin 25 knots dan bibit siklon di Laut China Selatan dengan kecepatan angin 20 knots, berpotensi tinggi menjadi siklon tropis dalam 24-48 jam ke depan.

"Kondisi ini menyebabkan pergerakan massa udara dari Asia yang bergerak menuju Indonesia mengalami penguatan, sehingga berdampak pula pada potensi peningkatan kecepatan angin, ketinggian gelombang laut, dan potensi hujan deras di beberapa wilayah di Indonesia," ujar Mulyono.

BMKG memprediksi wilayah yang berpotensi terdampak angin kencang yaitu Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur bagian utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Maluku.

Baca: Puluhan Rumah Tertimbun Longsor Cisolok Sukabumi, 2 Korban Kembali Ditemukan Senin Pagi

Baca: Sekitar 34 Rumah Tertimbun, Evakuasi Korban Longsor di Cisolok Dilanjutkan Pagi Ini

Sedangkan wilayah yang berpotensi hujan deras disertai petir pada 1-3 Januari yaitu Sumatra Barat, Bengkulu, Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Papua Barat, dan Papua.(*)

Editor: Afrizal
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved