Dumai

BPBD Dumai Urung Datang, Kawasan Kalijaga Sudah Didinginkan Hujan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai tak jadi turun ke lapangan di Kelurahan Purnama pada Minggu

BPBD Dumai Urung Datang, Kawasan Kalijaga Sudah Didinginkan Hujan
BPBD Dumai
Proses pemadaman api dan pendinginan lahan pasca kebakaran hutan dan lahan di Jalan Kalijaga Purnama Kota Dumai Sabtu (5/1/2019) lalu. 

Laporan Wartawan Tribundumai.com, Syahrul Ramadhan.

TRIBUNDUMAI.COM, DUMAI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai tak jadi turun ke lapangan di Kelurahan Purnama pada Minggu (6/1/2019).

Rencana kunjungan ke lokasi kebakaran di bilangan Kalijaga Kota Dumai itu urung dilakukan karena hujan yang mengguyur Kota Dumai dari pagi hingga siang.

Ka BPBD Dumai Afrilagan menyebut, agenda Minggu pagi tersebut adalah melanjutkan pendinginan api di kawasan terbakar di Purnama.

"Seharusnya, kita melanjutkan pemadaman di Purnama setelah kebakaran pada Jumat lalu. Namun, kita bersyukur karena alam berpihak pada kami untuk membantu proses pendinginan secara alami," ungkap Afrilagan.

Baca: Pasar Higienis Teratai Kembali Kosong, Ini Tanggapan Disperindag Pekanbaru

Baca: Satu dari Empat Ha Lahan Proyek SPAM Dumai Sudah Ditimbun

Sebelumnya, tim gabungan pemadam Karhutla dari BPBD Dumai, TNI dan lain-lain itu sudah melakukan proses pemadaman selama dua hari.

Proses pendinginan sendiri juga sudah dilakukan sejak Sabtu (5/1/2019) dari pagi hingga petang.

"Lokasi kebakaran di Kalijaga, Purnama itu dominan gambut. Makanya, untuk proses pemadamannya juga gak sederhana dan sulit sekali," ucapnya.

"Makanya, proses pemadaman harus dilakukan berulang-ulang untuk memastikan api di dalam gambutnya benar-benar sudah mati dan arealnya dingin," tandas Afrilagan. (*)

Penulis: Syahrul
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved