Berita Riau

PILKADES Serentak di Kepulauan Meranti akan Dilaksanakan Selepas Hari Raya Idul Fitri

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Kepulauan Meranti direncanakan akan dilaksanakan setelah Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijrah

PILKADES Serentak di Kepulauan Meranti akan Dilaksanakan Selepas Hari Raya Idul Fitri
Foto/net
Ilustrasi. PILKADES Serentak di Kepulauan Meranti akan Dilaksanakan Selepas Hari Raya Idul Fitri 

PILKADES Serentak di Kepulauan Meranti akan Dilaksanakan Selepas Hari Raya Idul Fitri

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Teddy Tarigan

TRIBUNPEKANBARU.COM, SELATPANJANG - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Kepulauan Meranti direncanakan akan dilaksanakan setelah Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijrah/2019 Masehi.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pemerintahan Desa di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kepulauan Meranti, Darwis SIP MM beberapa waktu yang lalu.

"Insya Allah Pilkades serentak di Kepulauan Meranti akan kita laksanakan setelah hari raya Idul Fitri tahun 2019, tepatnya pada minggu kedua bulan Juni mendatang," kata Darwis.

Baca: VANESSAE Evato dan Azzahra Permatahani masih Andalan, PRSI Jaring 15 Atlet di Selekprov Porwil 2019

Baca: KISAH Cewek Cantik Asal Pekanbaru Jadi Dara Riau hingga Putri Pariwisata Ekonomi Kreatif Indonesia

Baca: NANTIKAN Film Religi IQRA II yang Tampilkan Keindahan Siak, Bakal Tayang di Bioskop Bulan Juli 2019

Menurutnya, yang akan melaksanakan Pilkades untuk seluruh wilayah Kabupaten termuda di Provinsi Riau pada 2019 diprediksi sebanyak 50 Desa.

Pada tahun 2018 lalu, sebanyak 47 kepala desa sudah berakhir masa tugasnya, sedangkan tahun 2019 ini ada sebanyak 3 kepala desa yang akan berakhir masa tugasnya.

Diantaranya kepala Desa Tanjung Pisang Kecamatan Tasik Putripuyu, Kepala Desa Ketapang Permai Kecamatan Pulau Merbau dan Kepala Desa Tebun Kecamatan Rangsang.

"Kepala desa yang berakhir masa jabatannya tahun 2018 lalu sebanyak 47 Desa, dan pada tahun ini masih kita data ada 3, jumlahnya menjadi 50 desa," jelasnya.

Sementara itu, untuk persiapan pelaksanaan Pilkades, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti sudah menganggarkan anggaran di APBD 2019 sebesar 450 juta Rupiah.

Baca: NANTIKAN Film Religi IQRA II yang Tampilkan Keindahan Siak, Bakal Tayang di Bioskop Bulan Juli 2019

Baca: JADWAL Pemberkasan CPNS 2018 di Pelalawan, BKP2D Siapkan Tiga Meja untuk Peserta yang LULUS

Baca: AKSI Street Dancer Pukau Pengunjung HBKB di Jalan Sudirman Pekanbaru

"Jika kita agendakan Pilkades pada tahun 2018 lalu anggarannya itu Rp650 juta, namun karena adanya Pilkades serentak tahun ini anggarannya hanya Rp450 juta yang disahkan. Bertambah pun jumlah desa nantinya anggaran tetap segitu, kondisi keuangan daerah kita sangat terbatas," ungkap Darwis.

Lebih lanjut dikatakan, anggaran Rp 450 juta itu dialokasikan untuk pelaksanaan sosialisasi, pengamanan dan honorarium petugas di lapangan.

"Anggaran sebanyak itu tidak termasuk surat suara, karena surat suara sudah disiapkan oleh masing masing desa," katanya lagi. (*)

Penulis:
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved