Sebelum Dibebaskan, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Abu Bakar Baasyir

Yusril Ihza Mahendra menuturkan usaha pembebasan ini, kata dia, juga sudah dilakukan beberapa kali seperti pada Desember 2018 lalu.

Sebelum Dibebaskan, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Abu Bakar Baasyir
tribunnews.com
Abu Bakar Baasyir 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Terpidana kasus terorisme Abu Bakar Baasyir (81) dipastikan bebas dari Lapas Gunungsindur, Kabupaten Bogor.

Abu Bakar Baasyir dibebaskan tanpa disertai syarat yang memberatkan.

Yusril Ihza Mahendra menuturkan usaha pembebasan ini, kata dia, juga sudah dilakukan beberapa kali seperti pada Desember 2018 lalu.

"Sebenarnya sejak bulan Desember itu beliau sudah harus dibebaskan. Tapi masih belum bisa karena tidak ada kesepakatan," kata Yusril saat ditemui TribunnewsBogor.com di Lapas Gunungsindur Bogor, Jumat (18/1/2019).

Kuasan Hukum Capres Jokowi-Ma'ruf ini juga menuturkan bahwa akhirnya ia berkomunikasi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi)  dan mengajukan syarat yakni terkait kesetiaan Abu Bakar Baasyir kepada Pancasila.

Menurut Yusril, Abu Bakar Baasyir mengaku dirinya setia kepada Islam.

Baca: Kyai Abu Bakar Baasyir segera BEBAS karena Alasan Kesehatan, Tim Prabowo-Sandi Bersyukur

Baca: 8 Fakta Pembebasan Abu Bakar Baasyir, Mulai dari Surat Pembebasan hingga Alasan Kemanusiaan

Baca: Ini Alasan Presiden Jokowi Setujui Pembebasan Abu Bakar Baasyir

"Setelah saya lapor ke presiden, kan ada syarat-syarat, misalkan setia kepada Pancasila dan lain-lain, lalu dia (Abu Bakar Baasyir) mengatakan, saya mau setia pada Islam, Islam dan Pancasila kan tidak ada pertentangan. Saya pun mengatakan taat kepada Islam taat kepada Pancasila juga. Sebenarnya dijelaskan kepada Jokowi dan Pak Jokowi memaklumi semua itu karena tidak perlu ada syarat-syarat yang memberatkan," ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa pertimbangan yang diberikan Jokowi adalah semata pertimbangan kemanusiaan mengingat beliau sudah lanjut usia dan pertimbangan beliau seorang ulama yang dihormati.

"Pak Jokowi mengatakan bahwa di bebaskan, jangan ada syarat-syarat yang memberatkan beliau, jadi beliau (Abu Bakar Baasyir) menerima semua ini bukan mengalihkan beliau jadi tahanan rumah, tidak. Kami jelaskan Pak Ustad Abu ini betul-betul pembebasan kepada beliau," katanya. (*) 

Editor: Sesri
Sumber: Tribun Bogor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved