Caleg DPD ini Lakukan Pelanggaran Pemilu di Kampar, Bawaslu Teruskan ke Gakkumdu untuk Proses Hukum

Kali ini pelanggaran yang menjadi temuan Bawaslu Kampar itu dilakukan oleh seorang calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia

Caleg DPD ini Lakukan Pelanggaran Pemilu di Kampar, Bawaslu Teruskan ke Gakkumdu untuk Proses Hukum
FOTO/ISTIMEWA/IKHWANUL RUBY
Bawaslu Kabupaten Kampar menyerahkan temuan dugaan pelanggaran Pemilu ke Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu), Jumat (18/1/2019) lalu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM,KAMPAR-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kampar kembali menemukan pelanggaran dalam hal penyelenggaraan Pemilu di Kabupaten Kampar.

Kali ini pelanggaran yang menjadi temuan Bawaslu Kampar itu dilakukan oleh seorang calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Riau.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kampar, Syawir Abdulllah, Minggu (20/1) mengatakan terkait permasalahan itu sudah diteruskan berkasnya kepada Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) melalui penyidik Polres Kampar, Jum’at (18/1/2019) lalu.

Ia mengatakan pelanggaran tindak pidana Pemilu tersebut ditemukan oleh anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan XIII Koto Kampar.

Pelanggaran Pemilu dilakukan berupa penyebaran bahan kampanye, serta kampanye yang dilakukan di rumah ibadah

"Pelanggaram yang ditemukan ini langsung dilimpahkan ke Bawaslu Kabupaten Kampar, kemudian ditindaklanjuti oleh penyidik Polres Kampar,” tuturnya.

Ia menjelaskan terlapor merupakan seorang calon anggota DPD RI Dapil Riau berinisial AN. Perkara tersebut telah memenuhi syarat formil dan syarat materil sebagai Dugaan Pelanggaran tindak pidana pemilu berdasarkan Pasal 280 Ayat (1) huruf h Jo Pasal 521 Undang-Undang

Nomor 07 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Pemberitahuan tentang status temuan ini telah kita umumkan di Kantor Bawaslu Kabupaten Kampar dengan status temuan, yakni ditindaklanjuti kepada penyidik Polres Kampar,” ungkapnya.

Syawir menegaskan temuan dugaan pelanggaran tersebut berdasarkan hasil klarifikasi, penelitian dan pemeriksaan terhadap temuan yang terjadi dan hasil kajian oleh pengawas pemilu bersama dengan anggota Sentra Gakkumdu yang terdiri dari unsur Bawaslu Kabupaten Kampar, Polres Kampar dan Kejaksaan Negeri Kampar.

Penulis: Ikhwanul Rubby
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved