Berita Riau

Meski Sudah Lulus, Peserta CPNS Masih Bisa Gugur. Kenapa?

Meski tidak menjelaskan secara rinci pertimbangan teknis, BKN menjelaskan bahwa bisa saja peserta yang dinyatakan lulus dianggap gugur.

Meski Sudah Lulus, Peserta CPNS Masih Bisa Gugur. Kenapa?
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
Sejumlah peserta CPNS 2018 Kota Pekanbaru tampak mempersiapkan berkas di depan Kantor BKPSDM Kota Pekanbaru. Seluruh peserta dari formasi tenaga kesehatan sudah menyerahkan berkas. 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Syaiful Misgio

TRIBUNPEKANBARU.COM PEKANBARU - Setelah tahapan pemberkasan pelamar CPNS di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan sejumlah kabupaten kota di Riau selesai, maka tahapan selanjutnya berkas akan diserahkan ke Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional XII Pekanbaru. Setelah berkas diterima pihak BKN, masih ada beberapa tahapan lagi di BKN sebelum ditetapkan Nomor Induk Pegawai (NIP).

Kepala BKN Kantor Regional XII Pekanbaru, Andrayati, saat dikonfirmasi Tribun, Minggu (20/1/2019) mengatakan, setelah berkas pelamar CPNS yang dinyatakan lulus seleksi dan sudah melakukan pembekasan diserahkan ke BKN, maka pihaknya akan melakukan penetapan pertimbangan teknis sebelum penetapan NIP.

"Berkasnya dikirim ke kami untuk ditetapkan pertimbangan teknis penetapan NIP," katanya kepada Tribun.

Sesuai peraturan BKN nomor 14 tahun 2018, peserta seleksi CPNS yang dinyatakan lulus seleksi, diangkat dan ditetapkan sebagai CPNS oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) setelah mendapat persetujuan teknis dan penetapan NIP dari BKN.

Meski tidak menjelaskan secara rinci apa saja yang dicek daat pertimbangan teknis di BKN, Andrayati menjelaskan bahwa bisa saja peserta yang dinyatakan lulus dan sudah melakukan pemberkasan dianggap gugur jika dalam tahapan pertimbangan ditemukan ada yang tidak sesuai aturan. "Tentu harus sesuai dengan Permenpan nomor 60 tahun 2018," ujarnya.

Saat ditanya kapan penetapan NIP bagi pelamar yang dinyatakan lulus CPNS tersebut dilakukan, Andrayati tidak bisa memberi kepastian. Sebab ada ribuan berkas yang harus dilakukan pengecekan.

"Karena beban kami kan tidak hanya Pemprov Riau saja. Tapi 41 kabupaten dan kota," kata Andrayati. Untuk diketahui BKN Regional XII Pekanbaru membawahi tiga provinsi. Yaitu Provinsi Riau, Kepulauan Riau dan Sumatera Barat.

"Berapa lama prosesnya tergantung kapan mereka (pemerintah daerah) menyampaikan berkas ke kami, dan tergantung jumlah berkas yang masuk. Kalau sehari yang masuk 1.000 berkas, untuk kami perlu beberapa hari untuk mengeceknya," katanya.

Saat disinggung apakah setelah penetapan NIP dari BKN pelamar yang dinyatakan lulus seleksi CPNS bisa langsung bekerja, Andrayati mengungkapkan, masih ada sejumlah tahapan sebelum mereka bekerja. Di antaranya adalah penetapan SK pengangkatan CPNS yang dilakukan oleh PPK.

Halaman
12
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved