Plt Bupati Kampar Konsisten Dukung Pelestarian Adat

Catur Sugeng Susanto yang menghadiri silaturrahmi masyarakat Sungai Tapung (SMST) ke III dan pengukuhan LAKTA di Desa Sekijang

Plt Bupati Kampar Konsisten Dukung Pelestarian Adat
ISTIMEWA/DISKOMINFO KAMPAR
Plt Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto menghadiri silaturrahmi masyarakat Sungai Tapung (SMST) ke III dan pengukuhan LAKTA di Desa Sekijang, Sabtu (19/1). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Kabupaten Kampar terus mendukung pelestarian adat tempatan, ditunjukkan dengan dukungan terhadap eksistensi kelembagaan adat.

Seperti yang dilakukan Plt Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto yang menghadiri silaturrahmi masyarakat Sungai Tapung (SMST) ke III dan pengukuhan Lembaga Adat Kenegarian Tapung (LAKTA) di Desa Sekijang Kecamatan Tapung Hilir, Sabtu (19/1).

“Alhamdulillah kita masih tetap berpegang teguh pada tali papilin tigo, tigo tungku sajorangan yang berarti pemerintah, ulama dan tokoh adat tetap kuat dan saling mendukung dalam mengisi pembangunan di Kabupaten Kampar ini," tuturnya.

Ia menegaskan harmonisasi pemerintah terhadap eksistensi adat untuk mendukung pembangunan daerah tersebut kuncinya adalah silaturrahmi yang erat dan selalu bersinergi bersama seluruh komponen masyarakat.

“Kita memiliki SDM dan SDA yang melimpah, namun demikian kita akui pembangunan masih belum dapat menjangkau semua daerah. Masih ada kekurangan, karena itu kita berharap seluruh elemen masyarakat memberi doa dan dukungan agar kami tetap konsisten dan amanah," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Catur juga menjaring berbagai aspirasi masyarakat.

Banyak masyarakat meminta infrastrutur jalan dan jembatan di desa sikijang yang sebahagian belum dilakukan pengaspalan serta jembatan dapat dibenahi.

“Saya minta usai acara ini, tunjukan jalan mana yang mau di lakukan pengaspalan, untuk kita lakukan peninjauan bersama-sama agar lebih jelas kondisinya seperti apa," ucapnya.

Catur meminta camat dan kades mendata pembangunan yang prioritas bagi desa dan kecamatan.

Wakil Gubernur Riau terpilih 2019-2024, Edi Natar Nasution yang turut hadir menyampaikan, LAKTA merupakan wadah yang efektif dalam pembinaan terhadap adat istiadat serta sebagai wadah berkumpulnya anak kemanakan. (*)

Penulis: Ikhwanul Rubby
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved