Siak

RSUD Tipe D Minas Diresmikan Besok

Dinas Kesehatan Pemkab Siak terus benahi fasilitas kesehatan. Buktinya, Puskesmas Minas dinaikan menjadi RSUD Tipe D.

RSUD Tipe D Minas Diresmikan Besok
Desain Tribun Pekanbaru
ilustrasi tribun 

Laporan wartawan Tribunsiak.com, Mayonal Putra

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Dinas Kesehatan Pemkab Siak terus benahi fasilitas kesehatan. Buktinya, Puskesmas Minas dinaikan menjadi RSUD Tipe D.

"Insyaallah, Rabu (23/1/2019) besok, RSUD tipe D di Minas diresmikan. Saya sudah berada di Minas untuk persiapan, insyaallah Pak Bupati langsung yang meresmikan," kata Kepala Dinas Kesehatan Siak dr. Raja Tonny Chandra kepada Tribunsiak.com, Selasa (22/1/2019).

Ia menguraikan, pembangunan gedung RSUD tipe D Minas sudah dimulai sejak 2016 lalu. Pada akhri 2017 bangunan gedung sudah rampung. Pada 2018 proses pembenahan sarana lainnya sehingga sudah layak menjadi RSUD.

"RSUD dengan Puskesmas itu jauh bedanya. RSUD dipimpin seorang dokter dan mempunyai dokter spesialis," kata dia.

Baca: FOTO: Penertiban APK yang Menggunakan Billboard Berbayar di Pekanbaru

Selain itu, kalau Puskesmas lebih kepada tindakan preventif dan represif. Sedangkan RSUD lebih kepada kuratif dan rehabilitatif. Dari segi sarana dan prasarana juga jauh lebih lengkap RSUD.

"SDM kita siap untuk semua sarana kesehatan yang dibangun. Kelebihan dokter spesialis di RSUD Tengku Rafian bakal dipindahkan ke RSUD tipe D yang kita bangun," tambah Tonny.

Menurut dia, peningkatan Puskesmas tersebut merupakan usaha untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan hidup sehat. Tujuannya untuk terus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat kabupaten Siak.

Baca: Vanessa Angel Akui Depresi Tersangkut Kasus Prostitusi, Kurung Diri 2 Minggu di Kamar

Ia menguraikan, keinginan Bupati Siak Syamsuar membangun 5 RSUD tipe D dapat terwujud. Ke 5 RSUD itu berada di kecamatan Tualang, kecamatan Sungai Apit, kecamatan Kandis, kecamatan Minas dan kecamatan Kerinci Kanan.

"Dengan demikian, pelayanan kesehatan masyarakat semakin menjadi perhatian," kata dia. (*)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved