Siak

32 Anak Siak Bakal Dikirim Kembali ke Lembang Untuk Pelatihan, Alumni 2018 Sukses Jadi Wirausahawan

Sebanyak 32 pemuda-pemudi asal kabupaten Siak bakal dikirim kembali ke Lembang untuk mengikuti pelatihan berbasis kompetensi kejuruan.

32 Anak Siak Bakal Dikirim Kembali ke Lembang Untuk Pelatihan, Alumni 2018 Sukses Jadi Wirausahawan
Desain Tribun Pekanbaru
ilustrasi tribun 

Laporan wartawan Tribunsiak.com, Mayonal Putra

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Sebanyak 32 pemuda-pemudi asal kabupaten Siak bakal dikirim kembali ke Lembang untuk mengikuti pelatihan berbasis kompetensi kejuruan.

Sebanyak 16 orang untuk pengolahan hasil pertanian buah-buahan dan 16 orang lagi untuk pengolahan hasil perikanan.

"Pembiayaan selama pelatihan ini dibiayai dari CSR PT Bumi Siak Pusako (BSP)," kata Kepada Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) Siak, Amin Budyadi kepada Tribunsiak.com, Jumat (25/1/2019).

Sebelum peserta tersebut diberangkat, PT BSP dan BLK Lembang mengatakan penandatangan nota kesepehaman terlebih dahulu. Jumat ini merupakan jadwal penandatangan nota kesepahaman tersebut di Lembang.

Baca: Loncat dari Motor Hingga Masuk Semak dan Perumahan, Satu dari Dua Pelaku Jambret Tertangkap

Sementara pelatihan dilaksanakan pada 14 Februari hingga 3 minggu berikutnya. Setelah itu peserta pulang ke Siak untuk mengembangkan keahlian yang telah didapatkannya.

Menariknya, alumni pelatihan 2018 lalu kini sukses menjadi wirausahawan muda di Siak. Selain itu, ada pula yang telah mampu merekrut pekerja.

"Alhamdulillah seluruh lulusan pelatihan kejuruan budidaya cabai sebanyak 16 orang dan budidaya perikanan ( cat fish ) yang juga 16 orang telah sukses menjadi wirausahawan di Siak. Ini alumni pelatihan di Lembang pada 2018 lalu," tambah Amin Budyadi.

Pihaknya berharap pemberdayaan masyarakat melalui dana CSR PT BSP terus berlanjut. Supaya kompetensi petani di Siak terus meningkat. Apalagi pelatihan yang digelar berbeda kompetensinya.

"Dulu pada budi daya pertanian dan perikanan, yang tahun ini pengolahan hasil pertanian dan perikanan itu. Dimaksudkan, selain pelatihan berbasis kompetensi pada sektor hulu juga dilanjutkan dengan sektor hilirnya," kata dia.

Baca: DPA 2019 Diserahkan, Bupati Yopi Ingatkan OPD Hati-Hati Kelola Anggaran

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved